Pemerintah Tawarkan Sukuk Tabungan ST-002 dengan Kupon Minimal 8,3%

Rizky Alika
1 November 2018, 15:46
Rupiah
Arief Kamaludin|KATADATA

Pemerintah menawarkan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) retail berbasis tabungan atau SUKUK Tabungan Seri ST-002 bertenor dua tahun dengan kupon mengambang minimal 8,3%. Masa penawaran berlangsung pada 1-22 November 2018. 

Secara rinci, kupon ST-002 akan dihitung menggunakan bunga acuan BI 7 days Reverse Repo Rate ditambah fixed spread sebesar 2,55%. Perhitungan dilakukan setiap tiga bulan dengan mengikuti tingkat suku bunga acuan. Untuk tiga bulan pertama, berlaku kupon 8,3%. Kupon tersebut akan diperoleh setiap tanggal 10 dengan potongan pajak kupon 15%.

Adapun kupon yang ditawarkan tersebut lebih tinggi dibandingkan kupon surat berharga negara retail yang ditawarkan sepanjang tahun ini. Oktober lalu, pemerintah menawarkan ORI-015 dengan kupon 8,25%. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pun berharap penjualan ST-002 dapat melebihi dari target, yakni Rp 1 triliun.

(Baca juga: Bank Indonesia Meluncurkan Surat Utang Syariah Berbasis Wakaf)

"Kami ingin boosting melalui influencer. Semoga hasilnya lebih besar dari retail biasa walau hanya targetkan Rp 1 triliun. Kalau bisa di atas itu karena minat instrumen syariah itu tinggi," kata dia dalam acara peringatan Satu Dasawarsa Sukuk Negara di kantornya, Jakarta, Kamis (1/11).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...