Bisnis PGN Tak Terpengaruh Rencana Mematok Harga Gas untuk PLN

Anggita Rezki Amelia
2 November 2018, 19:07
Perusahaan Gas Negara (PGN)
Donang Wahyu|KATADATA
Perusahaan Gas Negara (PGN)

PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk memastikan rencana penetapan harga gas untuk alokasi dalam negeri (Domestic Market Obligation/DMO) ke PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) tak mempengaruhi bisnisnya. Adapun kebijakan mematok harga gas tersebut merupakan hasil rapat Panitia Kerja Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan PLN.

Direktur Utama PGN Gigih Prakoso mengatakan kebijakan itu akan tak berpengaruh ke perusahaannya karena harga tersebut diberlakukan saat PLN membeli gas dari Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS). “Rencana penetapan harga DMO Gas ke PLN US$ 6 per mmbtu dari Pemerintah tersebut tidak akan berpengaruh pada bisnis PGN,” kata dia kepada Katadata.co.id, Jumat (2/11).

Gigih mengatakan sektor perantara (midstream) dan hilir gas yang dijalani PGN sudah diatura melalui Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 58 tahun 2017 . Mengacu aturan itu, margin badan usaha dipatok maksimal 7%. Selain itu, tingkat pengembalian investasi (IRR/Internal Rate of Return) para trader itu dipatok paling besar 11%.

Namun demikian, Gigih mendukung rencana kebijakan pemerintah terkait penerapan harga gas khusus untuk sektor kelistrikan itu. Sebab akan berdampak menciptakan harga gas dan listrik yang terjangkau. "Rencana kebijakan ini sesuai dengan harapan Pemerintah dan masyarakat agar harga gas dan listrik bisa lebih terjangkau," ujar dia.

Menurut Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Andy Noorsaman Sommeng, hasil rapat Panitia Kerja (Panja) Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dengan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) yang digelar dua pekan lalu menyepakati harga gas untuk pembangkit listrik dipatok US$ 6 per mmbtu. "Pemerintah memang mendorong gas untuk listrik," kata dia kepada Katadata.co.id, Jumat (2/11).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...