Mendengar Kisah Tak Terduga Seniman dalam Pameran ICAD

Dini Hariyanti
2 November 2018, 16:59
Pameran ICAD 2018
DINI HARIYANTI/Katadata
Itjuk, salah satu seniman dalam ICAD 2018, menampilkan 14 karya seni berupa keramik nonkonvensional. Pameran ini berlangsung pada 18 Oktober - 30 November 2018, di Hotel Grandkemang Jakarta.

Kisah Tak Terduga, demikian judul 14 karya seni dari Itjuk yang tampil dalam Indonesian Contemporary Art and Design (ICAD) pada 18 Oktober - 30 November 2018, di Jakarta. Judul ini sejalan dengan tema pameran; Kisah.

Itjuk menjelaskan bahwa judul atas belasan karyanya menggambarkan beraneka kisah di dalam perjalanan hidup. Menurut dia, nyaris seluruh pengalaman yang ada merupakan penggalan cerita yang kerap muncul sebagai kejutan alias tidak terduga.

Pemahaman itu ditampilkannya menjadi 14 karya keramik nonkonvensional. "Dengan judul Kisah Tak Terduga atas karya saya, seperti kehidupan, saya sendiri tidak tahu jadinya akan seperti apa," katanya saat ditemui Katadata.co.id, di Hotel Grandkemang Jakarta, Jumat (2/11).

Berangkat dari pengalaman mempelajari medium keramik, Itjuk mencoba mengeksplorasi bahan campuran warna glasir dengan beragam benda yang ada di sekitarnya. Sebut saja pecahan kaca, besi, baja, aluminium, tembaga, dan lain-lain.

(Baca juga: Membuka Celah Pasar untuk Karya Seniman Difabilitas

Pria berlatar belakang pendidikan desain interior ini fokus kepada benda dengan memori personal, seperti jam tangan dan mainan. Semua itu dipanaskan dengan suhu tinggi, antara 1.250 derajat celcius sampai dengan 1.350 derajat celcius, lalu dicampur pada keramik.

Eksperimen tersebut menghasilkan bentuk-bentuk tak terduga serta warna yang sebelumnya tak terbayangkan pula. Bukan cuma itu, alur dan teksturnya juga tidak bisa diprediksi. "Ini proses ekplorasi karya yang tidak terduga maka judulnya Kisah Tak Terduga," ucap Itjuk.

Pameran ICAD melibatkan puluhan seniman secara perorangan maupun kelompok. Nama lain yang turut memajang karya, salah satunya Agus Nur Amal yang dikenal sebagai PM Toh. Karya seni buatannya menggabungkan aneka benda menjadi berbagai barang nonfungsional yang terbilang imajinatif.

Agus mendeformasi benda-benda temuannya lantas mengubah itu menjadi sebuah bentuk dengan definisi baru. Pengunjung dapat melihat potongan gagang sapu, tutup ember, sterofoam aneka warna, sobekan foto, dan lain-lain. Semua dipadupadankan menjadi bentuk tertentu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...