Fitch Turunkan Peringkat, Lippo Karawaci Klaim Punya Likuiditas Rp 6 T

Image title
6 November 2018, 13:00
Pembangunan Meikarta
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Foto aerial pembangunan gedung-gedung apartemen di kawasan Meikarta, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (16/10/2018). KPK menetapkan Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin dan Direktur Operasional Lippo Group Billy Sindoro menjadi tersangka kasus dugaan suap ijin proyek pembangunan Meikarta.

PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) mengklaim memiliki likuiditas yang cukup setelah mendivestasi aset senilai Rp 6 triliun pada tahap pertama. Perseroan juga menyesalkan keputusan lembaga pemeringkat Fitch Ratings yang menurunkan peringkat kredit jangka panjang perusahaan dari B menjadi CCC+ pada 2 November lalu.

"Keputusan (penurunan rating) tersebut tidak berdasarkan pada kondisi likuiditas, neraca, kualitas kredit, dan model bisnis Lippo Karawaci," kata Head of Investor Relations Lippo Karawaci William Wijaya Utama, dalam keterangan resmi yang diunggah di keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia, Senin (5/11).

Lippo Karawaci membantah kondisi likuiditasnya ketat. Perseroan telah belum lama ini menjual aset First Reit Manager serta penjualan sebagian unit First Reit senilai Rp 2,2 Triliun. Jika digabungkan dengan penjualan Lippo Mall Puri ke Lippo Mall REIT, penjualan sisa unit di First Reit, dan saham investasi perusahaan di Rumah Sakit Myanmar, Lippo Karawaci akan mengumpulkan dana tunai bersih lebih dari Rp 6 triliun.

Menurut William, proyek-proyek divestasi aset ini sebenarnya masih dalam tahap penyelesaian akhir. Meskipun risiko dalam pelaksanaannya tetap ada, tapi Lippo Karawaci yakin berhasil karena aset-aset tersebut dinilai memiliki kualitas tinggi.

Seperti diketahui, Fitch pada 2 November lalu menurunkan peringkat utang jangka panjang yang diterbitkan Theta Capital Ltd, anak usaha Lippo Karawaci dan peringkat perusahaan karena pelemahan signifikan dari arus kas pengembangan properti emiten berkode LPKR itu. Kondisi ini diperburuk dengan tuduhan penyuapan dan investigasi kasus korupsi perizinan lahan PT Mahkota Sentosa Utama (MSU), perusahaan yang terafiliasi dengan Lippo Karawaci.

(Baca: Jual Saham Pengembang Meikarta, Lippo Cikarang Raup Rp 2,35 Triliun)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...