Pertamina EP Tak Tambah Investasi untuk Tahun Depan

Anggita Rezki Amelia
7 November 2018, 15:08
Migas
Dok. Chevron

PT Pertamina EP tak meningkatkan investasinya untuk tahun depan. Investasi tahun 2019 masih sama dengan tahun ini, yakni sekitar US$ 630 juta atau Rp 9,2 triliun.

Direktur Utama PT Pertamina EP Nanang Abdul Manaf mengatakan investasi itu tidak bertambah karena harus memastikan dampaknya ke produksi. Jadi, anak usaha PT Pertamina (Persero) akan memprioritaskan lapangan atau blok yang bisa berdampak pada produksi dua hingga tiga tahun. “Investasi tahun depan masih sama,” kata dia di Jakarta, Rabu (7/11).

Dari dana itu, sekitar US$ 150 juta untuk eksplorasi. Menurut Nanang, perusahaannya pernah mengucurkan dana untuk eksplorasi hingga US$ 200 juta. Itu terjadi saat harga minyak US$ 100 per barel.

Saat harga minyak tinggi, Pertamina EP tidak ragu untuk investasi karena keuntungan yang diperoleh pun bisa US$ 1,8 miliar. “Jadi kemampuan investasi lebih besar. Sekarang sih kami wait and see,” ujar dia.

Adapun, hingga Oktober, realisasi investasi masi sekitar 70% dari US$ 630 juta. Meski begitu, Nanang optimistis target tersebut bisa tercapai.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...