Biayai Akuisisi Freeport, Inalum Jual Obligasi Global Berbunga Tinggi

Hari Widowati
8 November 2018, 19:07
Dolar
Arief Kamaludin|KATADATA

Obligasi global PT Inalum (Persero) senilai US$ 4 miliar atau sekitar Rp 58,4 triliun yang dicatatkan di Amerika Serikat (AS) menawarkan bunga tinggi 5,5% hingga 7,375%. Minat investor untuk membeli obligasi global tersebut membeludak sehingga mengalami kelebihan permintaan (oversubscribed) empat sampai tujuh kali lipat dari nilai penawaran.

Menurut Bloomberg, Inalum menjual obligasi global tersebut dalam empat seri. Seri pertama dengan nilai pokok US$ 1 miliar memiliki tenor tiga tahun atau jatuh tempo pada 2021 dengan bunga 5,5%. Seri kedua dengan nilai pokok US$ 1,25 miliar bertenor lima tahun atau jatuh tempo 2023 dengan bunga 6%. Seri ketiga dengan nilai pokok US$ 1 miliar memiliki tenor 10 tahun atau jatuh tempo 2028 menawarkan bunga 6,875%. Seri keempat dengan nilai pokok US$ 750 juta bertenor 30 tahun atau jatuh tempo 2048 dengan bunga 7,375%.

Sumber Katadata.co.id di pemerintahan menyebutkan, obligasi global Inalum yang bertenor tiga tahun oversubscribed hingga US$ 4,1 miliar atau empat kali lipat. Obligasi global bertenor lima tahun juga kelebihan permintaan 4,4 kali atau US$ 5,5 miliar. Obligasi global tenor 10 tahun menarik minat paling besar, dengan kelebihan permintaan hingga tujuh kali lipat atau US$ 7,1 miliar. Adapun obligasi global bertenor 30 tahun kelebihan permintaan sebanyak 4,9 kali lipat atau US$ 3,7 miliar.

Dana hasil penerbitan obligasi global tersebut akan digunakan untuk membiayai akuisisi saham mayoritas PT Freeport Indonesia. Dana hasil penerbitan obligasi valas ini juga bisa digunakan untuk refinancing pinjaman yang didapatkan perseroan untuk membiayai akuisisi tersebut. Hingga berita ini diturunkan, Head of Corporate Communications & Government Relations Inalum Rendi Witular belum bersedia berkomentar mengenai kabar tersebut.

(Baca: Terbesar di Asia, Inalum Jual Obligasi Global Senilai Rp 58,4 Triliun)

Analis Obligasi PT BNI Sekuritas Ariawan mengatakan, obligasi global Inalum mencatat kelebihan permintaan dalam jumlah besar karena menawarkan imbal hasil yang menarik. "Kupon yang ditawarkan obligasi global Inalum justru atraktif bagi investor karena memberikan premium sebesar 150-200 basis poin di atas obligasi pemerintah berdenominasi dolar AS," kata Ariawan kepada Katadata.co.id.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...