Terbesar di Asia, Inalum Jual Obligasi Dolar Senilai Rp 58,4 Triliun

Redaksi
Oleh Redaksi
8 November 2018, 18:04
Dolar
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) akhirnya menerbitkan obligasi dolar senilai US$ 4 miliar atau setara Rp 58,4 triliun (kurs Rp 14.600 per dolar Amerika Serikat). Surat utang terbesar yang diterbitkan korporasi di Kawasan Asia tahun ini tersebut akan digunakan untuk membeli saham divestasi PT Freeport Indonesia.

Seperti dikutip dari Bloomberg, Kamis (8/11), Inalum menjual obligasi global itu dalam empat seri. Pertama, sebesar US$ 1 miliar yang berjangka waktu tiga tahun atau jatuh tempo tahun 2021. Imbal hasil (yield) seri ini mencapai 5,5%.

Kedua, sebesar US$ 1,25 miliar bertenor lima tahun atau jatuh tempo 2023 dengan bunga 6%. Ketiga, sebesar US$ 1 miliar bertenor 10 tahun atau jatih tempo 2028, dengan bunga 6,875%. Keempat, sebesar US$ 750 juta yang berjangka waktu 30 tahun atau jatuh tempo 2048 dengan bunga 7,375%.  

Namun, Head of Corporate Communications & Government Relations Inalum Rendi Witular enggan berkomentar mengenai kabar tersebut.

Berdasarkan catatan Bloomberg, obligasi Inalum tersebut merupakan surat utang dolar terbesar yang diterbitkan korporasi non-lembaga keuangan yang diterbikan di Indonesia dan juga yang terbesar di pasar Kawasan Asia pada tahun ini. Obligasi ini mendapat peringkat Baa2 atau BBB-.

Penerbitan obligasi tersebut dilakukan di tengah mulai meredanya kekhawatiran para investor dunia terhadap perang dagang antara AS dan Tiongkok dan rampungnya pemilihan umum tengah periode di Amerika Serikat.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati, Arnold Sirait
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...