Jokowi Dorong Penyelesaian Perundingan RCEP di KTT ASEAN

Ameidyo Daud Nasution
9 November 2018, 05:00
Presiden Jokowi berfoto bersama para pemimpin ASEAN
www.setkab.go.id
Presiden Jokowi berfoto bersama para pemimpin ASEAN lainnya pada WEF on ASEAN, di Hanoi, Vietnam, Rabu (12/9)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mendorong penyelesaian perundingan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) atau kerja sama ekonomi komprehensif regional dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN pada 13-15 November 2018. Menteri Luar Negeri Retno P. Marsudi mengatakan dalam KTT ASEAN para pimpinan negara lain pun memberi komitmen mengenai penyelesaian perundingan dagang ini.

Indonesia sebagai Ketua Tim Negosiasi ASEAN bersama sejumlah negara telah menargetkan RCEP selesai dalam waktu dekat. Namun proses negosiasi dengan 16 negara anggota KTT ASEAN tidaklah mudah.

(Baca juga: Perundingan RCEP Bakal Mencakup E-Commerce)

Retno mengatakan Indonesia akan menjembatani kepentingan negara-negara tersebut untuk mendapat kesepakatan."Kami terus berusaha untuk menjembatani gap," kata Retno usai rapat terbatas soal kunjungan tersebut di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (8/11).

Dalam KTT ASEAN, Jokowi juga akan menyampaikan konsep Indo-Pasifik yang menempatkan Asia Tenggara dalam posisi yang strategis di antara Samudera Hindia dan Pasifik. Konsep ini menurut Retno telah dikonsultasikan Jokowi kepada negara lain baik itu di ASEAN maupun mitra ASEAN.

"Bukan blok, tapi penguatan kerja sama. Di situ ada ekonomi, maritim, dan sebagainya," kata Retno. Selain itu persoalan Rohingya dan Palestina juga akan diangkat dalam pertemuan ini.

(Baca juga:  ASEAN – Hong Kong Sepakati Perdagangan Bebas dan Investasi)

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...