Rekor, Jumlah Emiten Baru BEI Tembus Angka 50 Perusahaan

Image title
9 November 2018, 14:48
Potensi Pasar Modal
ANTARA FOTO/Agung M Rajasa

Bursa Efek Indonesia (BEI) berhasil mencatatkan 50 perusahaan yang melakukan penawaran saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) sejak awal tahun hingga Jumat (9/11). Ini merupakan rekor IPO terbanyak sejak privatisasi Bursa pada 1992 dan melampaui rekor pencatatan emiten baru pada tahun lalu yang sebanyak 38 perusahaan.

"Kami berharap akan semakin banyak perusahaan mencatatkan efeknya sebagai pilihan untuk pendanaan jangka panjang sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan perusahaan," kata Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna di Gedung BEI, Jakarta, Jumat (9/11).

Perusahaan ke-50 yang mencatatkan sahamnya di pasar modal adalah PT Dewata Freightinternational Tbk (DEAL). Nyoman optimis, jumlah perusahaan tercatat sepanjang tahun ini bisa terus bertambah. Saat ini masih ada 14 perusahaan potensial pada pipeline pencatatan BEI. PT Pool Advista Finance akan menjadi emiten ke-51 yang melantai di BEI pada 14 November mendatang.

Pencapaian BEI ini tidak lepas dari dukungan Pemerintah yang menciptakan iklim ekonomi yang kondusif serta dukungan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang memicu perusahaan memanfaatkan pasar modal dalam pengembangan usaha. BEI senantiasa berkomitmen untuk mendorong peningkatan jumlah emiten dengan berbagai upaya. Strategi BEI adalah berinteraksi dan mendatangi langsung kantong-kantong wirausahawan (entrepreneur) di berbagai daerah di Indonesia.

Nyoman mengatakan, sepanjang tahun ini BEI telah melakukan one-on-one meeting dengan sekitar 350 perusahaan, baik swasta, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), maupun entitas anak perusahaan. BEI juga memiliki berbagai rencana workshop go public dan one-on-one meeting dengan perusahaan di berbagai daerah di Indonesia.

(Baca: Pasca IPO, Dewata Freightinternational Suntik Modal Anak Usaha Rp 16 M)

Peran 30 Kantor Perwakilan BEI di seluruh Indonesia juga dinilai penting karena mereka aktif memberikan edukasi kepada perusahaan dengan mengunjungi dan berdiskusi mengenai mekanisme dan manfaat go public melalui kantor perwakilan BEI. Kantor Perwakilan ini diharapkan dapat mempermudah akses BEI ke perusahaan di seluruh Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...