Strategi Perdagangan Global Alibaba di Pameran Impor Internasional

Muchamad Nafi
10 November 2018, 05:00
CEO Alibaba Group Daniel Zhang
Katadata | Istimewa

Setelah dibuka pada 5 November kemarin oleh Presiden Tiongkok Xi Jinping di Shanghai, hari ini pameran China International Import Expo berakhir. Sekitar 3.000 perusahaan dari 130 negara dan wilayah bergabung di dalamnya. Raksasa digital dan e-commerce asal Cina, Alibaba Group, turut meramaikan perhelatan yang pertama kali tersebut.

Dalam sesi “Global Import Leadership Summit”, Alibaba menyatakan akan membantu impor produk senilai US$ 200 miliar dari sekitar 120 negara, termasuk Indonesia, selama lima tahun mendatang. CEO Alibaba Group Daniel Zhang mengatakan langkah ini sebagai komitmen jangka panjang terhadap globalisasi. Di sisi lain untuk memenuhi permintaan konsumen Tiongkok yang semakin meningkat atas produk internasional yang berkualitas tinggi.

Advertisement

(Baca juga: Kapal Api - Indomie Hiasi Paviliun Indonesia di Pesta Belanja Alibaba)

Bagi Daniel Zhang, globalisasi salah satu strategi paling penting Alibaba untuk pertumbuhan jangka panjang. “Kami membangun infrastruktur masa depan perdagangan untuk mewujudkan ekonomi digital yang mengglobal di mana perdagangan bisa dilakukan di setiap negara di dunia,” kata Zhang.

Menurut penerus Jack Ma ini, dengan menggunakan teknologi inovatif dan ekosistem yang mereka punya, Alibaba menjadikan perdagangan global lebih inklusif dan untuk memenuhi misinya dalam memudahkan seluruh masyarakat untuk berbisnis di manapun di era digital saat ini.

Untuk merealisasikan rencana tersebut, Alibaba akan mendukung impor produk-produk internasional dari perusahaan-perusahaan berbagai skala di negara-negara utama seperti Jerman, Jepang, Australia, Amerika Serikat, Indonesia, dan Korea Selatan. Eksekusinya dimulai tahun depan hingga 2023.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement