Kementerian ESDM Targetkan Kontrak Tiga Blok Migas Diteken Tahun Ini

Anggita Rezki Amelia
12 November 2018, 19:24
Rig Minyak
Katadata

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan penandatanganan kontrak baru tiga blok minyak dan gas bumi (migas) dengan menggunakan skema gross split bisa segera terlaksana. Tiga blok tersebut habis kontrak 2022.

Tiga blok tersebut adalah Coastal Plains and Pekanbaru (CPP), Tarakan, dan Tungkal. “Semoga bisa diteken tahun ini," kata Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar di Kementerian ESDM, Senin (12/11). 

Advertisement

Namun, sebelum penandatanganan kontrak ada syarat yang harus dipenuhi. Syarat tersebut yakni, kontraktor di tiga blok tersebut wajib menyelesaikan pembayaran bonus tanda tangan dan jaminan pelaksanaan.

Sebagai gambaran, Kementerian ESDM telah memutuskan nasib pengelolaan tiga blok terminasi tersebut. Pertama, Blok CPP diberikan kepada Bumi Siak Pusako 100%. Saat ini blok tersebut masih dikelola oleh BOB Pertamina Bumi Siak Pusako.

Bumi Siak Pusako akan mendapatkan hak kelola Blok CPP selama 20 tahun setelah kontrak berakhir. Kontrak Blok CPP akan berakhir 8 Agustus 2022.

Adapun, dalam pengelolaan Blok CPP nantinya, Bumi Siak Pusako tidak wajib memotong 10% hak kelola ke pemerintah. Alasannya, mereka merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement