Prabowo-Sandiaga Janji Pos Menteri Ekonomi dan Hukum Diisi Teknokrat

Dimas Jarot Bayu
12 November 2018, 15:50
Pencegahan Korupsi Minerba
Arief Kamaludin|KATADATA
Sudirman Said menyatakan Prabowo-Sandiaga akan memilih menteri yang berlatar belakang teknokrat.

Pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menjanjikan bakal memilih para menteri di jajaran kabinetnya dengan latar belakang teknokrat. Tujuannya agar pembangunan ekonomi dan hukum di Indonesia dapat berjalan lebih baik.

Direktur Materi dan Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN)  Prabowo-Sandiaga, Sudirman Said menilai tokoh berlatar teknokrat ini lebih mengerti berbagai permasalahan di bidang ekonomi dan hukum. Alhasil, mereka mampu memecahkan berbagai persoalan dan mendorong tumbuhnya perekonomian Indonesia.

"Kembalikan pengurusan ekonomi kepada teknokrat, yang sekarang ini, semakin hari semakin tak terlihat," kata Sudirman di Hotel Le Meridien, Jakarta, Senin (12/11).

(Baca juga: Deretan Program Prabowo-Sandi untuk Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi 7-8%)

Sudirman menuding selama ini pengelolaan ekonomi dan hukum di Indonesia kerap bermasalah lantaran banyak menteri yang sangat politis. Mereka, lanjut Sudirman, tidak memahami persoalan di sektor yang tengah dijabatnya.

Alhasil, para menteri di Kabinet Joko Widodo-Jusuf Kalla saat ini banyak berfokus pada agenda-agenda politik jangka pendek. Mereka pun mengabaikan kepentingan jangka panjang dari proses pengelolaan birokrasi di bidang ekonomi dan hukum.

"Energi, fiskal, UMKM, pertanian, industri, perdagangan itu makin kehilangan jiwa teknokrasinya," kata Sudirman.

Sudirman menyebut para menteri berlatar teknokrat di kabinet Prabowo-Sandiaga nantinya dapat dipilih dari partai politik. Sebab, banyak politisi yang memiliki latar teknokrat mumpuni di berbagai partai politik.

(Baca juga: Kerap Kalah di Survei, Timses Prabowo-Sandiaga Kerja Lebih Keras)

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...