Pertamina Siap Sewakan Kapal untuk Produsen FAME

Michael Reily
20 November 2018, 06:00
TBBM Pertamina Maumere
ARIEF KAMALUDIN | KATADATA

PT Pertamina (Persero) menyatakan kesiapan untuk menyewakan kapal untuk tangki terapung (floating storage) kepada produsen bahan bakar nabati. Namun demikian,  terkait kemungkinan pembiayaan sewa kapal menggunakan dana Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Kelapa Sawit masih menunggu hasil kajian pemerintah.

Senior Vice President of Shipping Pertamina Alfian Nasution menyatakan pemerintah belum memutuskan beban biaya penyewaan kapal. "Itu keputusan pemerintah, yang jelas ada alokasi dana untuk kegiatan distribusi," kata Alfian di Jakarta, Senin (19/11).

Advertisement

Penyewaan kapal untuk Asosiasi Produsen Biofuels Indonesia (Aprobi) rencananya akan dilakukan secara business to business (b to b).  Adapun skema baru penyaluran 112 titik menjadi 25 titik juga akan mulai diberlakukan mulai 1 Januari 2019.

(Baca: Penyaluran Bahan Baku B20 ke Indonesia Timur Mundur Jadi Tahun Depan)

Sebelumnya, Ketua Harian Aprobi Paulus Tjakrawan menyatakan perhitungan biaya sewa kapal sebagai floating storage lebih murah ketimbang mendistribusikannya ke 112 titik lokasi.

 "Teorinya, tidak sebesar biaya pengiriman langsung, lebih baik ke titik yang lebih kecil," kata Paulus di Jakarta, Senin (19/11).

Penyederhanaan pengiriman untuk 112 titik menjadi 25 lokasi mulai tahun depan bakal memudahkan rantai distribusi. "Itu untuk suplai 120 ribu kiloliter ke Balikpapan yang bakal bergerak ke wilayah timur," ujarnya.

(Baca: Ada Kebijakan B20, Impor Solar pada Oktober Malah Melonjak 78%)

Kapal milik Pertamina berkapasitas 35 ribu kiloliter. Sementara tangki terapung  di Balikpapan bakal berkapasitas sebesar 70 ribu kiloliter. Sehingga produsen bahan bakar nabati nantinya  bakal mengirimkan FAME setiap dua minggu sekali.

Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement