Berbagai Kritik Prabowo ke Pemerintah di Forum Ekonomi Internasional

Dimas Jarot Bayu
21 November 2018, 16:12
Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto usai menghadiri acara Rapat Kerja Nasional Bidang Advokasi dan Hukum DPP Gerindra di Jakarta, Kamis (5/4/2018).

Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menilai sumber daya manusia (SDM) di Indonesia kurang berkualitas. Jika dianalogikan sebagai tubuh, mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus TNI ini menyebutkan SDM Indonesia tak cukup mendapatkan protein.

Hal ini diperlihatkan dari berbagai indikator yang ada. Misalnya, Human Development Index Indonesia berada di peringkat 113. “Ini indikator bahwa SDM kita malknowledge,” kata Prabowo di Indonesia Economic Forum, Hotel Shangri-La, Jakarta, Rabu (21/11). Posisi Indonesia, dia melanjutkan, kalah dibandingkan dengan Singapura, Malaysia, dan Thailand. Peringkat ini hanya di atas Vietnam dan Filipina.

(Baca juga: Saling Serang, Ini Beda Gaya Komunikasi Politik Jokowi dan Prabowo)

Walaupun, data Badan Pusat Statistik (BPS) sebenarnya menunjukkan indeks pembangunan manusia (IPM) semakin membaik. Pada April tahun ini, BPS mengumumkan kualitas pembangunan manusia Indonesia pada 2017 kembali membaik. Ini tercermin dari naiknya IPM 2017 sebesar 0,63 poin, (0,9 %) ke level 70,81 dari tahun sebelumnya. Hal tersebut didukung oleh membaiknya tiga indikator indeks: kesehatan, pengetahuan, dan pengeluaran.

Selain itu, Prabowo menukil posisi Indonesia yang menempati peringkat 66 dari 75 negara dalam kategori matematika berdasarkan studi Programme for Internasional Student Assessment (PISA) Indonesia pada 2015. Di kategori sains, Prabowo menyebutkan Indonesia menempati peringkat 65. “Dengan negara yang banyak pengalaman dan SDA, saya sebagai WNI tak bangga dengan performance ini,” ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...