Buku "Mengejar Fajar"

Tim Publikasi Katadata

Rabu 21/11/2018, 16.25 WIB

Buku ini mencoba menyajikan berbagai cerita dan fakta di balik penyelamatan Bank Century.

Buku mengejar
Katadata
Buku mengejar

Stok buku sudah tersedia mulai tanggal 28 November 2018.

Dapat dibeli melalui e commerce seperti :

- Tokopedia  : http://bit.ly/tokopediamengejarfajar

- Bukalapak  : http://bit.ly/bukalapakmengejarfajar

- Shoppe : http://bit.ly/shopeemengejarfajar

 

Atau dapat menghubungi : [email protected] . Arnold (0821 4150 5930) . Syahyono (087883582907)

 

Tentang Buku

 

Sepuluh tahun berlalu, bailout Bank Century masih menyisakan kontroversi. Buku ini mencoba menyajikan berbagai cerita dan fakta di balik penyelamatan bank bobrok ini. Ratusan dokumen otentik, video, dan rekaman pembicaraan di sejumlah rapat, serta kesaksian para nara sumber, menjadi pilarnya. 

 

 

Testimoni

 

Pengambilan keputusan adalah proses yang sangat pelik. Banyak tantangan. Terlebih jika menyangkut urusan kenegaraan atau pemerintahan. Implikasi, yang pasti beririsan dengan ramah hukum, regulasi, dan politik, membuat prosesnya dituntut lebih correct, profesional, dan berintegritas. Pengambilan keputusan bailout Bank Century adalah contohnya. Riuh-rendah perbincangan soal Bank Century yang kita tangkap saat ini lebih didominasi oleh cerita dan dinamika politik setelahnya. Jarang tergambar fakta-fakta dan informasi seputar dilema pengambilan keputusan, ragam informasi yang dimiliki saat itu, dan tekanan pengambilan keputusan itu sendiri. Disinilah letak kekuatan buku ini: mengangkat yang jarang sekali itu.

 

Kuntoro Mangkusubroto

Profesor Ilmu Keputusan Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB

 

 

 

Buku yang ditulis secara naratif berbasiskan fakta dan dokumen ini diharapkan menjernihkan berbagai kontroversi seputar penyelamatan Bank Century, 10 tahun silam. Memilih kebijakan tanpa blanket guarantee menjadi sebuah pelajaran mahal dan penting dalam sejarah perbankan khususnya, serta ekonomi dan kebijakan publik negeri ini pada umumnya.

 

Erry Riana Hardjapamekas

Komisaris Utama Bank BNI 2007-2008

 

 

 

Jika Bank Century tidak diselamatkan, kita tak tahu apa yang bakal terjadi dengan perekonomian Indonesia. Boleh jadi tak ada guncangan. Para penanggung jawab kebijakan telah menempuh segala upaya, mencermati keadaan dari jam ke jam, dan akhirnya memutuskan yang terbaik bagi perekonomian. Tak ada bukti mereka melakukan pidana. Sekalipun Bank Century telah lenyap, buku ini menjadi pengingat drama politik yang pernah terjadi, mewariskan kisah berbasis fakta, bukan fantasi. Pembelajaran betapa integritas menjadi modal berharga menakhodai bahtera perekonomian tatkala menghadapi ombak bergelung-gelung. Waktu pembuktian siapa loyang, siapa emas.

 

Faisal Basri

Ekonom senior

Tim Publikasi Katadata

Tim Publikasi Katadata

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha