Bangkitkan Pariwisata Lombok, Senggigi Jazz Digelar Lagi

Penulis: Dini Hariyanti

Selasa 27/11/2018, 16.21 WIB

Mandiri Senggigi Sunset Jazz2018 digelar secara gratis untuk publik. Konser ini menghadirkan sejumlah musisi lintas generasi.

Mandiri Senggigi Jazz
Katadata

Sejumlah penyanyi jazz Tanah Air akan tampil dalam acara Mandiri Senggigi Sunset Jazz pada 9 Desember 2018. Tidak hanya musisi nasional, konser gabungan ini juga melibatkan pemusik lokal, yaitu K-One, The Maiqkane feat Suradipa, dan Lombok Blues Community.

CEO PT Archipelago Strategic Solution Nety Rusi mengatakan, konser jazz gabungan tersebut akan berlangsung di Pantai Senggigi, Lombok Barat, NTB. Aksi pangggung para musisi dimulai sekitar pukul 16.00 dan berakhir pada 23.00 waktu setempat.

"Acara ini lebih untuk menghibur warga Lombok, pascagempa. Lokasi konser termasuk yang dilanda gempa. Kami harap ini bisa semacam menjadi trauma healing untuk warga Lombok," tuturnya kepada Katadata.co.id, Selasa (27/11).

(Baca juga: Klaim Asuransi Gempa Lombok dan Palu-Donggala Capai Rp 1,17 Triliun

 

Senggigi Sunset Jazz bulan depan merupakan acara tahunan ketiga. Musisi yang akan tampil pada pergelaran kali ini diupayakan menjangkau berbagai kalangan audiens. Musisi senior Vina Panduwinata dan Indra Lesmana dipastikan ambil bagian. Penampil lain ialah Andien, Eva Celia, Pusakata, Brigitta, dan RAN.

Semakin beragam segmen usia audiens yang bisa dijangkau, diharapkan konser ini dapat memberi kegembiraan kepada lebih banyak pihak. Selain menghibur warga lokal, acara ini juga ditujukan untuk menarik kunjungan wisatawan lokal maupun asing pascagempa.

"Motivasi kali ini lebih meyakinkan masyarakat agar jangan takut datang ke Lombok. Lombok sangat indah. Kami harapkan semua warga bisa bergembira. Pemerintah pusat, Kemenpar, dan provinsi mendukung," ujar Nety.

Menurut dia, salah satu cara paling ampuh untuk mengembalikan keceriaan Lombok adalah mengembalikan daya tarik sektor pariwisata. Geliat wisata sukar dipulihkan apabila tidak dipancing dengan penyelenggaran acara, seperti Senggigi Sunset Jazz ini.

Konser gabungan musisi jazz tersebut dipastikan gratis bagi masyarakat umum. Pada tahun lalu, jumlah pengunjung mencapai kisaran 5.000 orang berasal dari acara yang berlangsung selama dua hari.

"Kami tidak proyeksikan jumlah audiens. Tahun ini pun cuma sehari, kami selenggarakan dengan segala keterbatasan. Persiapannya sekitar dua bulan," ujar Nety.

Sementara itu, Penyanyi Vina Panduwinata mengaku senang dapat terlibat di dalam Senggigi Sunset Jazz 2018. "Kami harap semua senang nanti. Membuat orang bisa tersenyum saja itu sudah bikin hati senang," kata dia. (Baca juga: Konser Amal untuk Tsunami Palu Targetkan Donasi Rp 10 Miliar

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha