LSI: Mayoritas Pemilih Anggap Ekonomi Stabil, Jokowi-Ma'ruf Unggul

Dimas Jarot Bayu
27 November 2018, 22:05
Jokowi maruf
ANTARAFOTO | Yulius Satria

Hasil sigi Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA mencatat elektabilitas pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebesar 53,2%, unggul dibandingkan dengan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dengan elektabilitas 31,2%. Jokowi-Ma'ruf unggul karena mayoritas pemilih menganggap kondisi ekonomi stabil.

"Dua bulan masa kampanye, Jokowi-Ma'ruf stabil unggul di atas 20% terhadap Prabowo-Sandi," ujar Peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa, di kantornya, Jakarta, Selasa (27/11). Dalam survei ini, responden yang belum menentukan pilihannya sebanyak 15,6%.

Berdasarkan survei LSI Denny JA, sebanyak 70,3% responden menilai bahwa kondisi Indonesia berada pada kategori sedang dan baik. Sebanyak 24,7% responden menilai kondisi ekonomi Indonesia buruk sedangkan 5% lainnya mengaku tidak tahu atau tidak menjawab.

Dari responden yang menilai kondisi ekonomi Indonesia sedang dan baik, sebanyak 64,4% responden memilih Jokowi-Ma'ruf. Responden yang memilih Prabowo-Sandiaga sebesar 20,5%. Sebanyak 15,1% responden mengaku tidak tahu atau tidak jawab. "Mereka yang menilai kondisi ekonomi baik, mayoritas mendukung kembali Jokowi sebagai presiden," kata Ardian.

(Baca: Prabowo-Sandiaga Unggul di Kalangan Pengguna Media Sosial)

Sementara itu, responden yang menilai kondisi ekonomi buruk lebih banyak melabuhkan dukungannya ke Prabowo-Sandiaga. Dari segmen tersebut, elektabilitas Prabowo-Sandiaga mencapai 63,9%. Jokowi-Ma'ruf hanya memperoleh suara sebesar 25,5%. Sebanyak 10,6% responden lainnya mengaku tidak tahu atau tidak menjawab.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...