Prabowo-Sandiaga Unggul di Kalangan Pengguna Media Sosial

Dimas Jarot Bayu
27 November 2018, 17:42
Facebook
Katadata
Ilustrasi media sosial

Elektabilitas pasangan calon nomor urut 02 dalam Pilpres 2019, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, unggul di antara para pengguna media sosial. Hal ini menunjukkan Prabowo-Sandiaga lebih populer di kalangan pemilih usia muda.

Berdasarkan hasil sigi yang dirilis Media Survei Nasional (Median), elektabilitas Prabowo-Sandiaga di kalangan pengguna Facebook mencapai 42,9% dari total responden. Angka ini unggul tipis dibandingkan pesaingnya, Joko Widodo-Ma'ruf Amin yang hanya sebesar 42,4%. Sementara itu, ada 14,7% responden yang belum menentukan pilihan.

Di basis pengguna Twitter, elektabilitas Prabowo-Sandiaga sebesar 59,2%. Adapun Jokowi-Ma'ruf hanya memperoleh suara sebesar 29,5%. Sebanyak 11,3% responden pengguna Twitter yang belum menentukan pilihannya. Di basis pengguna Instagram, Prabowo-Sandiaga memperoleh suara sebesar 48,9% sedangkan Jokowi-Ma'ruf hanya 39,1%. Sebanyak 12% responden lainnya belum menentukan pilihan.

"Prabowo unggul di pengguna media sosial," kata Direktur Eksekutif Median Rico Marbun di Jakarta, Selasa (27/11).

Meski unggul di segmen pengguna media sosial, secara umum elektabilitas Prabowo-Sandiaga masih tertinggal dari Jokowi-Ma'ruf yang mencapai 47,7%. Elektabilitas Prabowo-Sandiaga secara umum sebesar 35,5%. Angka tersebut selisih 12,2% dibandingkan perolehan suara Jokowi-Ma'ruf yang mencapai 47,7%. Sementara responden yang belum menentukan pilihannya sebanyak 16,8%.

Karenanya, Rico menilai penetrasi kampanye Prabowo-Sandiaga di media sosial masih belum cukup untuk memastikan kemenangannya di Pilpres 2019. Pasalnya, penetrasi di media sosial hanya efektif untuk para pemilih muda.

(Baca: Survei: #2019GantiPresiden Genjot Elektabilitas Prabowo-Sandi)

Rebut Pemilih Muda

Berdasarkan data yang dikumpulkan Median, elektabilitas Prabowo-Sandiaga di kalangan pemilih berusia di bawah 20 tahun mencapai 35,7%. Angka ini serupa dengan perolehan suara Jokowi-Ma'ruf di basis tersebut. Sebanyak 28,6% responden berusia di bawah 20 tahun belum menentukan pilihan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...