Selain Lebaran, Jokowi Kejar Target Bangun Tol untuk Pemilu

Ameidyo Daud Nasution
27 November 2018, 14:01
Tol Pejagan-Pemalang
BIRO PERS ISTANA

Presiden Joko Widodo tidak memungkiri target operasi jalan tol yang diberikan kepada jajarannya lantaran ada kepentingan pemilu. Salah satu tol yang dipatok waktunya adalah ruas Bakauheni hingga Palembang sepanjang 350 kilometer.

Hal ini diceritakan Jokowi di dua acara berbeda yakni CEO Forum serta Pertemuan Tahunan Bank Indonesia di Jakarta, Selasa (27/11). Kebetulan, kedua agenda tersebut berada di lokasi berdekatan di Jakarta Convention Center. (Baca: Jokowi Targetkan Bakauheni-Aceh Terhubung Jalan Tol di 2024).

Advertisement

Saat di CEO Forum, dia sempat bercerita soal target tol yang rampung hingga Palembang pada Mei atau Juni mendatang. Namun Jokowi meminta agar tol tersebut dirampungkan di April. “Kenapa April, tahu kan?” tanya Jokowi yang disambut tawa para hadirin.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut lalu buru-buru menyebut hal ini agar tol dapat digunakan untuk mudik lebaran. “Ini pasti pikirannya beda. Supaya bisa kita pakai waktu lebaran,” kata Jokowi yang kembali disambut tawa para CEO yang hadir.

Namun dia juga tidak menutup kemungkinan bahwa kepentingan pemilu juga menjadi alasan. Bahkan di acara BI, secara terus terang dia menyatakan faktor lebaran dan pemilu menjadi alasan perintah mempercepat pengerjaan tol tersebut. “Termasuk untuk pemilu itu juga, kita blak-blakan saja,” katanya, dan lagi-lagi disambut derai tawa hadirin.

Menurut dia, ruas Bakauheni - Terbanggi Besar semula akan selesai Desember tahun ini. Selain tol tersebut, tol Jakarta - Surabaya juga akan tersambung pada bulan yang sama. Sedangkan perpanjangan hingga Banyuwangi akan selesai akhir 2019 mendatang.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement