Gandeng 3 Manajer Investasi, Bukalapak Luncurkan 5 Produk Reksa Dana

Desy Setyowati
29 November 2018, 15:08
DBS Bukalapak
Donang Wahyu|KATADATA
Perwakilan dari pemilik Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang ikut serta dalam program wisausaha sosial Usaha Kecil dan Menengah (UKM) berbagi cerita dalam program bazar online #BelidanPeduli kerjasama Bank DBS dan Bukalapak di Jakarta, Selasa (3/11).

Perusahaan e-commerce  Bukalapak meluncurkan lima produk reksa dana baru. Hal ini dimungkinkan dengan menggandeng tiga manajer investasi yakni Bahana TCW Investment Management, Batavia Prosperindo Asset Management, dan Sucorinvest Asset Management.

Produk itu di antaranya Bahana MES Syariah, Batavia Dana Dinamis, Sucorinvest Sharia Equity Fund, Sucorinvest Maxi Fund, dan Batavia Dana Saham. Produk itu bisa dibeli melalui BukaReksa. Dalam hal ini, Bukalapak pun menggandeng financial technology (fintech) investasi, Tanamduit.

Menurut Head of Payment dan Financial Services Bukalapak Destya Danang Pradityo, Tanamduit ditopang oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni. "Kami yakin Tanamduit partner yang sangat mendukung peningkatan investasi yang sudah ada di Bukalapak," ujarnya di Jakarta, Kamis (29/11).

Saat ini, jumlah investor di BukaLapak pun mencapai sekitar 120 ribu orang. Dari jumlah tersebut, 50% di antaranya merupakan investor aktif atau sudah membeli reksa dana. Mayoritas investor tersebut berada di Pulau Jawa, baru kemudian Sumatera. Meski begitu, investor dari Papua pun sudah ada.

(Baca juga: Ibarat Mal, E-Commerce Tak Hanya Tempat Belanja)

Adapun reksa dana paling banyak dibeli adalah pasar uang. Meski demikian, ia mencatat pertumbuhan reksa dana saham di BukaReksa lebih tinggi ketimbang reksa dana pasar uang. Alhasil, selisih kontribusi kedua reksa dana terhadap total dana kelolaan (assets under management/AUM) hanya sekitar 2%-5%.

Menurutnya, kondisi ini menunjukkan bahwa investor retail mulai memahami risiko dan keuntungan membeli reksa dana. "Investor BukaReksa sudah mulai sadar akan risiko dan tahu kalkulasinya," kata dia.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...