T+2 Diterapkan, Nilai Transaksi Saham Harian Tembus Rp9 Triliun

Image title
29 November 2018, 14:26
 Bursa Efek Indonesia
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang tidak berubah pada pembukaan perdagangan di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (10/7).

Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Inarno Djajadi menyatakan, implementasi kebijakan transaksi T+2 berjalan mulus. Menurutnya, penerapan implementasi T+2 ini membuat pasar modal di Indonesia menjadi lebih likuid.

"Hal itu bisa dilihat dari rata-rata nilai transaksi harian saham (RNTH) yang dalam dua hari setelah penerapan T+2 meningkat," kata Inarno di Gedung BEI, Jakarta, Kamis (29/11).

Pada perdagangan di hari Selasa (27/11) dan Rabu (28/11). Pada perdagangan hari Selasa, sebanyak 10,8 miliar lembar saham diperdagangkan dengan nilai mencapai Rp9,2 triliun. Sedangkan keesokan harinya, nilai transaksi saham mencapai Rp9,73 triliun dengan volume saham yang diperdagangkan mencapai 12,72 miliar saham.

Adapun total volume efek yang ditransaksikan pada tanggal 23 dan 26 November 2018 mencapai 18,5 miliar lembar  senilai Rp13,3 triliun dan frekuensi transaksi sebanyak 754 ribu transaksi. Nilai penyelesaian secara netting atas penggabungan transaksi tersebut mencapai 4,99 miliar lembar efek atau senilai Rp4,85 triliun.

Rabu (28/11) menjadi hari di mana penyelesaian transaksi T+3 dan T+2 bertemu alias double settlement. Transaksi keduanya dilaksanakan pada Jumat minggu lalu (23/11) saat transaksi masih T+3 dan Senin (26/11) saat transaksi sudah T+2.

(Baca juga: Transaksi Saham Kini Selesai Dua Hari, Indonesia Sejajar Bursa Dunia)

Bertemunya dua penyelesaian transaksi tersebut berpotensi terjadi kendala. Untuk antisipasi, pihak bursa mengantisipasi, salah satunya menggunakan skema securities lending and borrowing. Namun, seluruh transaksi tersebut dapat diselesaikan oleh anggota bursa dan bank kustodian pada tanggal 28 November 2018 secara tepat waktu tanpa adanya kebutuhan penalangan dari KPEI untuk penanganan kegagalan penyelesaian.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...