Ekspor Sawit Oktober Naik 5% Terdorong Lonjakan Permintaan Tiongkok

Michael Reily
30 November 2018, 16:22
Minyak Sawit
Agung Samosir | KATADATA
Crude Palm Oil. Produk crude palm oil yang berbahan dasar kelapa sawit dari kabupaten Landak di stand Provinsi Kalimantan Barat pada pameran Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) di Ji-Expo, Kemayoran, Jakarta, Rabu (15/5).

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) mencatat ekspor produk kelapa sawit dan turunan pada periode Oktober 2018  mencapai 3,35 juta ton, naik 5% dibandingkan September  sebesar 3,19 juta ton. Peningkatan ekspor periode tersebut salah satunya terbantu oleh melonjaknya permintaan Tiongkok di tengah ketidakpastian perdagangan global.

Direktur Eksekutif Gapki Mukti Sardjono menyatakan komposisi ekspor Oktober 2018 terdiri dari minyak kelapa sawit (CPO) 760,82 ribu ton (24%) dan produk turunannya 2,34 juta ton (76%). "Pasar sawit global menggeliat karena permintaan Tiongkok yang meningkat sangat signifikan," kata Mukti dalam keterangan resmi, Jumat (30/11).

Menurutnya, kenaikan penggunaan minyak sawit di Tiongkok  disinyalir karena adanya pengurangan pasokan kedelai dari Amerika Serikat sebagai efek perang dagang. "Tiongkok juga mengurangi impor rapeseed meal dari India untuk pakan ternak ruminansia dan unggas," ujar Mukti.

(Baca: Pemerintah Lirik Pasar Baru untuk Ekspor Sawit)

Hal itu di satu sisi memberi keuntungan, sebab Tiongkok meningkatkan impor CPO dari Indonesia hingga 63%, dari 332,52 ribu ton pada bulan September  menjadi 541.81 ribu ton per Oktober. Belum lagi dengan adanya tambahan impor biodiesel Indonesia yang sudah mencapai 647,34 ribu ton sepanjang periode Mei hingga Oktober 2018.

Biodiesel menjadi produk sawit yang berpotensi di pasarkan ke depan karena Tiongkok mulai mempromosikan penggunaan biodiesel dalam rangka mengurangi emisi gas rumah kaca. Proyek percontohan B5 telah dilakukan di Shanghai dan akan terus dipromosikan secara luas di Negeri Panda.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...