Harga Komoditas Anjlok, Kementan Dorong Penguatan Petani

Michael Reily
30 November 2018, 19:32
Kelapa sawit
Arief Kamaludin|KATADATA
Petani memanen buah kelapa sawit di salah satu perkebunan kelapa sawit di Desa Delima Jaya, Kecamatan Kerinci, Kabupaten Siak, Riau.

Pemerintah mendorong penguatan petani melalui sistem kelembagaan supaya mereka bisa mengembangan usahanya ke produk hilir. Selain itu, Kementerian Pertanian juga mengupayakan peremajaan beberapa tanaman utama  perkebunan seperti kelapa sawit, karet, kakao, dan kelapa.

Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian Bambang menyatakan pemerintah mengawal petani untuk memperbaiki sistem produksi mereka. "Selain itu kami juga mendukung kelembagaan petani untuk mendorong hilirisasi," kata Bambang di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut Bambang, peremajaan perkebunan untuk komoditas sawit dilakukan melalui program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR). Untuk karet, dia mengusulkan peremajaan dengan sistem pembagian lahan 70% dan 30%, sehingga petani karet nantinya bisa memiliki produk pengganti sambil menunggu masa panen.

(Baca: Harga Merosot, Pemerintah Siap Beli Karet Petani untuk Infrastruktur)

Terlebih karet biasanya memiliki masa panen lebih lam dibandingkan dengan jenis tanaman selaan seperti kopi dan kakao yang masa panennya lebih singkat. "Setidaknya kita membuat petani bisa bertahan sehingga ketika bahan baku alternatif komoditas kita habis, produksi masih tersedia," ujar Bambang.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...