JK: RI Dorong Perbaikan Hubungan Dagang AS-Tiongkok pada KTT G20

Image title
Oleh Ekarina
30 November 2018, 15:07
Jusuf Kalla
Arief Kamaludin|Katadata
Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla mengatakan Pemerintah Indonesia berupaya ikut mendorong perbaikan hubungan antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok khususnya di bidang ekonomi. Dengan membaiknya situasi dagang kedua, maka hal itu diharapakan pula ikut berdampak terhadap kondisi perekonomian di dalam negeri.

"Kita harapkan hubungan (AS) dengan Tiongkok secara bertahap akan membaik, karena kalau merusak kedua belah pihak, maka akan berimbas pada negara lain termasuk Indonesia," kata Wapres Jusuf Kalla  saat konferensi pers lewat video di sela kunjungannya ke Argentina dalam rangka menghadiri KTT G20, Kamis  (29/11) sore waktu setempat, dilansir dari Kantor Berita Antara. 

(Baca: JK Akan Bawa Isu Perdagangan dan Pajak ke Pertemuan G-20 di Argentina)

JK  mengatakan Indonesia berperan dalam mendorong perbaikan hubungan dagang AS dan Tiongkok. Karena dengan peningkatan hubungan kedua negara tersebut, maka diharapkan nilai ekspor Indonesia bisa turut membaik.

"Kalau industri Amerika dan industri Tiongkok menurun, pasti harga ekspor kita akan menurun," ujarnya.

Pembicaraan hubungan dagang antara AS dan Tiongkok menjadi salah satu fokus Wapres Jusuf Kalla dalam menghadiri KTT G20. Selain  juga membahas peningkatan hubungan perekonomian di dunia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...