Pemerintah Riau Ingin Punya Hak Kelola Blok Rokan Lebih dari 10%

Anggita Rezki Amelia
30 November 2018, 18:47
Blok Migas Lepas Pantai Pertamina Hulu Energi
Pertamina Hulu Energi

Gubernur Riau terpilih periode 2019-2024, Syamsuar, menginginkan provinsinya memperoleh hal kelola lebih di Blok Rokan. Hal ini menindaklanjuti penawaran 10 persen hak kelola Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Riau dari PT Pertamina yang akan mengelolanya secara penuh tiga tahun lagi, setelah dikelola PT Chevron Pacific Indonesia sejak 1971.

Menurut Syamsuar, pihaknya sudah menyiapkan BUMD yang akan menampung 10 persen hak kelola Rokan. Jika memungkinkan, dia ingin membahas dengan Pertamina terkait peluang memperbesar hak kelola tersebut secara kelaziman bisnis.

Advertisement

(Baca: Blok Rokan Tak Jadi Andalan Utama Mencapai Target Lifting 2019)

“Kalau 10 persen kan sudah jelas. Kalau ada pekerjaan yang bisa dikerjasamakan pada waktu mendatang, bisa saja nanti business to business, tergantung perundingan,” kata Syamsuar di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jakarta, Kamis (29/11).

Ia berharap bisa membahasnya dengan Pertamina begitu dilantik sebagai gubernur. Syamsuar merupakan gubernur terpilih Riau untuk periode 2019-2024 bersama wakilnya Edy Nasution. Mereka akan dukukuhkan oleh Presiden Joko Widodo pada Maret 2019.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement