Pesan Jokowi ke Pemda Papua: Jangan Ada "Papa Minta Saham" Freeport

Ameidyo Daud Nasution
30 November 2018, 10:43
Freeport
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Petugas keamanan berjaga di area tambang terbuka Freeport Indonesia di Timika, Papua.

Proses divestasi 51% saham PT Freeport Indonesia sudah memasuki babak akhir dan diharapkan rampung pada akhir tahun ini. Menjelang masa akhir ini, Presiden Joko Widodo meminta Pemerintah Provinsi Papua dan Kabupaten Mimika agar berhati-hati mengelola porsi sahamnya di perusahaan tambang emas dan tembaga tersebut. Presiden juga menyinggung soal praktik "Papa Minta Saham".

Menurut Gubernur Papua Lukas Enembe, Presiden menginginkan agar bagian saham  pemerintah daerah Papua dari hasil divestasi Freeport itu harus digunakan untuk kemakmuran masyrakat Papua. Karena itu, Presiden mewanti-wanti agar tidak ada pihak lain yang menikmati saham tersebut. 

Advertisement

"Jangan sampai ada orang tidak jelas masuk," kata Lukas, mengutip pernyataan Jokowi, usai rapat terbatas finalisasi divestasi saham Freeport di Istana Negara, Jakarta, Kamis (29/11). Seperti diketahui, dalam divestasi 51% saham Freeport ke pemerintah Indonesia melalui PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum), Pemprov Papua akan mendapatkan jatah 3% saham dan Kabupaten Mimika 7% saham.

Lukas tidak memberitahu spesifik pihak tidak jelas dan penumpang gelap yang dimaksud oleh Jokowi. Ia hanya menyatakan, banyak orang yang meminta saham Freeport. "Ada 'papa minta saham', 'mama minta saham'. Presiden tidak menginginkan seperti itu, tidak boleh ada orang lain masuk seperti itu."

Ketika ditanya lebih jauh perihal sudah adanya pihak yang meminta saham Freeport saat ini, Lukas menyatakan, "Jangan sampai ada keinginan seperti itu, sebelumnya kan sudah terjadi." (Baca juga: Jokowi Minta Divestasi Freeport Rampung Sebelum Tutup Tahun 2018)

Pernyataannya tersebut merujuk kepada kasus "Papa Minta Saham" yang melibatkan mantan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Setya Novanto tahun 2015 silam. Bermula dari rekaman pembicaraan antara Setya dengan pengusaha minyak M. Reza Chalid mengenai upaya meminta saham Freeport, kasus itu begulir menjadi isu politik dan menjungkalkan kursi Ketua DPR. 

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement