Investor Berharap Dwi Soetjipto Bisa Meningkatkan Eksplorasi Migas

Anggita Rezki Amelia
4 Desember 2018, 14:34
Kepala SKK Migas, Dwi Sucipto
ANTARA FOTO/Humas Kementerian ESDM
Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas) yang baru Dwi Soetjipto (kanan) melakukan sumpah jabatan ketika prosesi pelantikan sebagai Kepala SKK Migas oleh Menteri ESDM Ignasius Jonan di Gedung Kementerian ESDM Jakarta, Senin (3/12/2018). Menteri ESDM melantik Dwi Soetjipto menjadi Kepala SKK Migas menggantikan Amien Sunaryadi yang memasuki masa pensiun.

Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) minyak dan gas bumi (migas) memiliki sejumlah permintaan kepada Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) terpilih, Dwi Soetjipto. Salah satunya adalah upaya meningkatkan kegiatan eksplorasi migas.

Vice President Exploration PT Saka Energi Indonesia Rovicky Putrohari mengatakan kegiatan eksplorasi penting karena beberapa dekade terakhir ini masih sedikit temuan cadangan migas berukuran jumbo. Hal itu pun berdampak pada kinerja produksi migas nasional yang sulit meningkat.

Dari data SKK Migas, cadangan migas terbesar yang ditemukan dalam 17 tahun terakhir ini adalah Blok Cepu di Jawa Timur. Blok ini ditemukan tahun 2001 oleh ExxonMobil dengan cadangan di atas 2.000 MMBOE.

Setelah itu, Indonesia tak lagi menemukan cadangan migas dengan skala besar. "Itu yang perlu dilakukan Dwi Soetjipto, yakni meneruskan langkah-langkah eksplorasi SKK Migas yang sudah mulai merintis kesana," kata Rovicky kepada Katadata.co.id, Selasa (4/12).

Salah satu upaya meningkatkan eksplorasi adalah menggratiskan data migas gratis kepada kontraktor yang mau melakukan kegiatan eksplorasi di suatu wilayah. Jadi, kebijakan itu perlu ditindaklanjuti.

CoFounder & Direktur PT Sriwijaya Emas Hitam Moshe Rizal Husin meminta Dwi dapat membantu perusahaan dalam negeri untuk meningkatkan kemampuan serta memperluas kontribusinya bagi kemajuan industri migas nasional. “Kami harus menggalakkan eksplorasi dan peran perusahaan nasional," kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...