Kementerian Keuangan Optimistis Defisit APBN di Bawah 2% Tahun Ini

Michael Reily
5 Desember 2018, 16:30
Rupiah
Arief Kamaludin|KATADATA

Kementerian Keuangan optimistis defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018 bisa berada di bawah 2% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Ini artinya, lebih rendah dari target yang sebesar 2,19% terhadap PDB. Hal itu seiring dengan baiknya realisasi penerimaan negara.

"Berdasarkan pemantauan kami dari bulan 10 dan 11 ini kemungkinan di bawah 2%," kata Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani di Bali, Rabu (5/12). Proyeksi dia, realisasi defisit sepanjang tahun hanya 1,9% terhadap PDB.

(Baca juga: Terendah dalam Lima Tahun Terakhir, Defisit Anggaran Oktober 1,6% PDB)

Sejalan dengan defisit anggaran yang rendah, defisit keseimbangan primer bakal mengecil. Keseimbangan primer merupakan selisih antara penerimaan negara dengan belanja negara, di luar pembayaran bunga utang. Kondisi defisit menunjukkan bahwa pemerintah membayar bunga utang dengan utang.

Sebelumnya, dengan target defisit anggaran sebesar Rp 325,9 triliun atau 2,19% terhadap PDB, target defisit keseimbangan primer sebesar Rp 87,3 triliun. Adapun per Oktober lalu, realisasi defisit anggaran tercatat sebesar Rp 237 triliun atau 1,6% terhadap PDB, sedangkan defisit keseimbangan primer hanya Rp 23,8 triliun.

(Baca juga: Sri Mulyani: Tahun Depan Berat, Banyak Utang yang Jatuh Tempo)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...