Twitter: Milenial Indonesia Paling Suka Topik Olahraga dan Hiburan

Penulis: Desy Setyowati

Editor: Pingit Aria

Rabu 5/12/2018, 16.20 WIB

Dilan 1990 jadi film yang paling banyak dibahas di Twitter sepanjang tahun ini.

Suasana Asian Games 2018
ANTARA FOTO/INASGOC/Andika Wahyu
Pelari Indonesia Fadlin (kanan) menyerahkan tongkat kepada Lalu Muhammad Zohri pada babak penyisihan Lari Estafet 4x100m Putra Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Rabu (29/8).

Milenial Indonesia ternyata menyukai diskusi seputar olahraga dan hiburan di media sosial. Di Twitter misalnya, tanda pagar (tagar) soal perhelatan olahraga dan grup musik asal Korea Selatan (Korsel) masuk 10 topik populer sepanjang 2018.

Grup musik BTS dan EXO menempati urutan dua teratas tagar yang paling banyak digunakan di Indonesia sejak awal tahun. Lalu diikuti oleh tagar Asian Games 2018 dan World Cup. "Bagi milenial, percakapan (tentang) hiburan olahraga yang terbesar," ujar Country Industry Head, Indonesia & Malaysia, Twitter Dwi Adriansah saat konferensi pers di Jakarta, Rabu (5/12).

Sejalan dengan hal itu, ada empat akun terkait hiburan yang masuk 10 akun paling banyak dibicarakan. Penulis Fiersa Besari dengan akun @FiersaBesari di urutan kedua. Kemudian, akun milik Firgiawan Ramaulana bernama @seterahdeh rutin mengunggah tweet tentang gurauan, menempati posisi ketiga.

(Baca juga: Jokowi atau Prabowo, Siapa yang Lebih Populer di Twitter Tahun Ini?)

Ada pula blogger Bayu Dwi Saputra dengan akun @bayu_joo menempati urutan kelima, yang paling banyak dicari pada 2018. Lalu, akun @andihiyat termasuk urutan kesepuluh yang paling banyak dicari. "Akun mereka banyak dicari karena fokus pada percakapan. Terkadang mengadakan permainan," ujarnya.

Secara spesifik, akun hiburan yang paling banyak dicari adalah Agnes Monica; JKT 48; Shania Junianatha JKT 48; Addie Muljadi Sumaatmadja; Ernest Prakasa; Joko Anwar; Breakout Net; Maria Genoveva Natalia Desy Purnamasari Gunawan; Cindy Yuvia; serta, Cenayang Film.

Sementara film yang paling banyak dibicarakan adalah Dilan 1990; Danur 2; Wiro Sableng; Asih; A Man Called Ahok; Benyamin Biang Kerok; Si Doel; 22 Menit; Kulari ke Pantai; dan Jailangkung 2.

Sedangkan akun olahragawan yang paling banyak dibicarakan di antaranya Anthony Ginting; Jonathan Christie; Kevin Sanjaya; Lindswell Kwok; Lalu M Zohri; Christoper Rungkat; Bambang Pamungkas; Greysia Polii; Liliyana Natsir; serta, Tontowi Ahmad.

Reporter: Desy Setyowati

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha