Bukit Asam Targetkan Produksi Batu Bara 27,3 Juta Ton di 2019

Image title
6 Desember 2018, 19:43
Bukit Asam_www.ptba_.co_.id_.jpg
KATADATA |

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menargetkan produksi batu bara pada periode 2019 sebesar 27,3 juta ton, naik sekitar 1,4% dibandingkan 2018 sebesar 25,88 juta ton. Angka ini terdapat dalam Rancangan Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB) perusahaan yang telah diserahkan kepada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Sekretaris Perusahaan Bukit Asam Suherman mengatakan, kenaikan tersebut didukung optimalisasi angkutan batu bara. Alhasil, jumlah produksi batu bara juga akan meningkat. "Karena memang angkutan di tahun depan lebih optimal, kenaikan produksinya menyesuaikan," kata Suherman kepada Katadata.co.id, Kamis (6/12).

Advertisement

Ia juga menjelaskan bahwa RAKB yang telah disampaikan kepada Kementerian ESDM belum mendapatkan persetujuan. Bukit Asam juga belum menetapkan jumlah investasi yang akan dikeluarkan pada tahun depan.

Dari produksi sebesar 27,3 juta ton tersebut, sebesar 75% akan diekspor ke Tiongkok dan India. Sedangkan, 25% dijual ke pasar domestik untuk memenuhi kebutuhan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan industri dalam negeri lainnya. Alokasi ini sesuai dangan kebijakan pemerintah yang mewajibkan perusahaan batu bara memasok batu bara untuk kebutuhan dalam negeri (Domestic Market Obligation/DMO) sebesar 25%.

(Baca: Bukit Asam Beberkan Dua Penyebab Data Ekspor Batu Bara Berbeda

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement