Kemenhub Siapkan Armada Tambahan Jelang Natal dan Tahun Baru

Ameidyo Daud Nasution
6 Desember 2018, 08:49
Bandara Ahmad Yani
ANTARA FOTO/Aji Styawan
Sejumlah penumpang berjalan di area parkir pesawat saat tiba di Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah, Senin (11/6).

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan sejumlah armada tambahan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) akhir tahun ini. Berdasarkan data Kemenhub, pengguna moda transportasi udara serta angkutan sungai, danau, dan penyeberangan diperkirakan tumbuh paling tinggi.

Kemenhub memperkirakan jumlah penumpang moda transportasi kereta api akan tumbuh 4,4% menjadi 5,3 juta penumpang pada libur akhir tahun ini, moda pesawat terbang tumbuh 8,6% menjadi 6,5 juta penumpang, sedangkan moda transportasi laut tumbuh 3,4% menjadi 1,07 juta penumpang. Adapun moda angkutan sungai, danau, dan penyeberangan tumbuh 13,5% menjadi 3,5 juta penumpang sedangkan moda transportasi darat turun 5,6% menjadi 4,1 juta penumpang saja.

Advertisement

Untuk menghadapi peningkatan arus penumpang, Kemenhub menyiapkan 335 penerbangan tambahan dan 48 perjalanan kereta tambahan. Sedangkan jumlah kapal laut yang disediakan untuk libur Nataru sebanyak 1.293 unit atau naik dari 1.278 unit pada tahun lalu. Adapun 50 bus juga telah disiapkan untuk mudik gratis ke Wilayah Jawa Tengah.

"Penambahan armada karena rata-rata ada pertumbuhan (penumpang)," kata Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub Hengki Angkasawan, di Jakarta kemarin.

Kepala Sub Direktorat Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Avi Mukti Amin mengatakan, penurunan jumlah penumpang bus disebabkan peralihan penumpang ke mobil pribadi. Hal ini mengingat libur Nataru kebanyakan digunakan masyarakat ke tempat wisata. "Jadi, perjalanannya juga beda," kata Avi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement