Kemenpora Gelar Seminar Milenial Indonesia Melek Politik

Image title
Oleh - Tim Publikasi Katadata
6 Desember 2018, 12:03
Asrorun Niam Sholeh
Katadata

Jakarta: Kelompok muda turut bertanggung jawab dalam membangun suasana kondusif pemilu, terlebih karena pemilih pada Pemilu 2019 mendatang didominasi milenial. Demikian disampaikan Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Niam Sholeh saat membuka seminar milenial Indonesia melek politik di Wisma Menpora, Jakarta, Selasa (4/12). Seminar bertema, Menjadi Pemuda Pemilih Cerdas dan Berpartisipasi Membangun Suasana Kondusif Pemilu 2019.   

 

"Menurut saya, ini penting. Berbicara politik, secara umum di dalamnya ada tanggung jawab. Keragaman harus dimaknai dengan kekayaan, bukan untuk dipertentangkan," katanya. Niam berharap seminar mampu meningkatkan partisipasi politik milineal sekaligus memperkaya wawasan terkait hak pilih. Kepada seratusan peserta yang hadir, Niam menegaskan peran besar kelompok milenial dalam menentukan arah pembangunan Indonesia menjadi lebih baik lagi.

 

Menurutnya, kaum milenial memiliki jiwa membangun bangsa. Kelompok muda juga disebut memiliki karakter untuk perbaikan tanpa beban sosial. Sebagai bukti, Indonesia mencatat sejarah kelahiran pemimpin muda seperti Hos Tjokroaminoto, Soekarno, Moh Hatta, Sutan Syahrir, Soetomo, KH Wahid Hasyim, Jenderal Sudirman hingga Bung Tomo. 

 

"Bangsa kita dibangun oleh kaum muda. Ini momentum untuk meningkatkan partisipasi kaum muda untuk secara optimal menentukan arah era Indonesia untuk lebih baik," lanjut  Niam yang anak muda rata-rata memiliki kejujuran dan komitmen.

 

Hadir dalam seminar tiga narasumber, yaitu Adi Prayitno yang menyajikan materi generasi milenial dalam angka dan politik Indonesia. Kemudain ada Juri Ardiantoro membawa materi menangkal hoax, menjadi pemilih cerdas serta Hasanuddin Ali Alvara dengan materi peran pemuda dalam membangun suasana kondusif Pemilu 2019. 

Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...