Pembaruan Daftar Pemilih di Tiga Daerah Sulteng Mundur ke 2019

Ameidyo Daud Nasution
6 Desember 2018, 16:31
Pilkada Serentak 2018
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Petugas dengan pakaian Tionghoa membantu warga memasukkan surat suara ke dalam kotak suara di TPS 04 Kecamatan Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat, Rabu (27/6). TPS yang bernuansakan Tionghoa tersebut untuk menarik partisipasi 312 warga daftar pemilih tetap yang ada di TPS tersebut untuk memilih pemimpin di Kota Bandung serta Provinsi Jawa Barat.

Perbaikan data daftar pemilih tetap (DPT) beberapa daerah di Sulawesi Tengah (Sulteng) tak bisa selesai pada 2018. Pemetaan DPT di Kota Palu, Kabupaten Donggala, dan Kabupaten Sigi harus menunggu administrasi normal pasca tsunami.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, pemutakhiran DPT direncanakan selesai pada 15 Desember 2018. Tapi untuk memenuhi permintaan tiga daerah tersebut maka jadwal mundur ke Januari 2019.

Advertisement

"Mereka menunggu tenang karena kalau kami tanya warga mereka masih sibuk perbaikan diri dan rumah. Jadi kami pahami," katanya ditemui usai rapat di Dewan Perwakilan Rakyat, Jakarta, Kamis (6/12).

Bagi daerah lain yang terdampak bencana gempa dan tsunami di Lombok tetapi sudah berfungsi kembali secara administrasi, pembaruan data pemilihnya tak ditunda. (Baca juga: KPU: 31 Juta Penduduk Pemilik E-KTP Belum Masuk Daftar Pemilih)

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menuturkan, terdapat 191 juta warga negara yang memiliki hak politik. Tapi baru sekitar 97% yang merekam KTP elektronik. Padahal, kartu identitas ini penting sebagai pembaruan basis data DPT yang tinggal sembilan hari lagi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement