Misi Dagang ke Arab Saudi Catat Potensi Transaksi Rp 203 Miliar

Michael Reily
7 Desember 2018, 20:29
Trade Expo Indonesia 2018
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Sejumlah barang sudah sold out dalam waktu 3 jam setelah pembukaan dalam acara Trade Expo Indonesia 2018 , di ICE BSD , Banten (24/10). Penerima penghargaan Primaniyarta terbagi menjadi empat kategori, yang meliputi Kategori Eksportir Berkinerja, Kategori Eksportir Pembangun Merek Global, Kategori Eksportir Pelopor Pasar Baru, serta Kategori Eksportir Potensi Unggulan.

Kementerian Perdagangan mencatatkan potensi transaksi sebesar US$ 14,02 juta atau setara Rp 203 miliar dalam misi perdagangan ke Arab Saudi. Kegiatan promosi yang dilaksanakan di kota Jeddah, Arab Saudi pada 28 November hingga 1 Desember lalu bertujuan untuk memperkuat pasar ekspor di Timur Tengah.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Arlinda membawa 90 peserta yang terdiri dari pemerintah dan pengusaha swasta dengan lini bisnis antara lain minyak sawitdan turunannya, makanan dan minuman, tuna, karoseri bus, alat tulis, domba hidup, kemasanfilm, fesyen muslim, furnitur, bumbu dan rempah, kopi, kayu gaharu, serta aromaterapi.

"Misi dagang ini diharapkan bisa menjadi peluang untuk pengusaha nasional dalam membangun jejaring bisnis di luar negeri," kata Arlinda dalam jeterangan resmi, Jumat (7/12).

(Baca: Arab Saudi Minati Produk Sawit Indonesia)

Karenanya, pada misi dagang kali ini juga disediakan kegiatan forum bisnis yang dihadiri lebih dari 250 pelaku usaha Indonesia dan Arab Saudi. Selain  itu ada pula kegiatan business matching yang mempertemukan pelaku usaha Indonesia dengan Arab Saudi serta Indonesia Expo 2018 untuk memamerkan produk nasional di sana.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...