Total Resmi Turunkan Harga BBM Sekitar Rp 200 Awal Bulan Ini

Anggita Rezki Amelia
7 Desember 2018, 21:40
SPBU Total
Twitter@TotalIndonesia

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatakan PT Total Oil Indonesia sudah resmi menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) nonsubsidi di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Penurunan ini seiring dengan permintaan pemerintah yang meminta badan usaha menurunkan harga BBM di tengah merosotnya harga minyak dunia.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM Djoko Siswanto mengatakan, Total sudah menurunkan harga BBM-nya sejak awal bulan ini. "Total sudah mulai 1 Desember 2018," kata dia, di Jakarta, Jumat (7/12).

Dikonfirmasi terpisah, Brand Manager PCMO & Fleet PT Total Oil Indonesia, Magda Naibaho membenarkan bahwa pihaknya sudah menurunkan harga BBM. Menurutnya, ada beberapa aspek yang menjadi pertimbangan perusahaan menurunkan harga BBM tersebut. Di antaranya mengacu perkembangan Harga Indeks Pasar (HIP).  "Secara general harga disesuaikan mengacu kepada HIP, harga indeks pasar BBM," kata dia kepada Katadata.co.id, Jumat (7/12).

Dari empat jenis BBM nonsubsidi yang dijual Total di pasar, dua jenis BBM Total harganya tidak berubah dari bulan lalu. Perinciannya, Performance 90 harganya tetap sebesar Rp 10.250 per liter. Begitu juga Performance Diesel harganya tetap sebesar Rp 12.450 per liter.

(Baca: Kementerian ESDM Minta Pertamina dan Dua SPBU Asing Turunkan Harga BBM)

Adapun BBM Total yang mengalami penurunan harga adalah Performance 92 dan Performance 95. Penurunannya bervariasi mulai dari Rp 200-250 per liter.

Performance 92 harganya sebesar Rp 10.800 per liter, turun dari bulan lalu sebesar Rp 11.050 per liter. Adapun harga Perfomance 95 sebesar Rp 12.350 per liter, sebelumnya sebesar Rp 12.550 per liter.

Dengan demikian, dalam enam bulan terakhir  Total sudah sembilan kali mengubah harga BBM baik menaikkan maupun menurunkan harga.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...