Cosmo Oil Mundur, Mitra Pertamina di Kilang Bontang Kini Hanya OOG

Anggita Rezki Amelia
10 Desember 2018, 13:58
Kilang Minyak
KATADATA
Kilang Minyak

Cosmo Oil International Pte Ltd (COI) menyatakan mundur dari perusahaan konsorsium yang akan menjadi mitra PT Pertamina (Persero) membangun kilang minyak baru di Bontang, Kalimantan Timur. Dengan begitu, kini mitra Pertamina hanya Over Seas Oil & Gas LLC (OOG).

Awalnya Cosmo Oil dan OOG bekerja sama membentuk satu konsorsium membangun Kilang Bontang. Namun, menurut Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko Pertamina Heru Setiawan, Cosmo menyatakan tidak melanjutkan kerja sama, tanpa tahu alasannya. “Itu pertimbangan mereka," kata dia di Jakarta, Senin (10/12).

Meski begitu, Pertamina tetap melanjutkan kemitraan dengan OOG. Pertamina dan OOG hari ini menandatangani kesepakatan kerangka kerja (framework agreement) untuk membangun kilang berkapasitas 300.000 barrel/hari dan Petrokimia di Bontang, Kalimantan Timur.

OOG merupakan badan usaha jasa hilir migas asal Muscat, Oman. Mereka memiliki bisnis jasa konstruksi, manajemen proyek, dukungan operasi dan pemeliharaan, serta solusi teknik dan konstruksi.

OOG terpilih menjadi mitra Pertamina setelah melewati proses seleksi pada Januari 2018 lalu.  "Kami tetapkan kriteria, seperti finansial yang kuat," kata Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati. 

Pertamina memiliki hak kelola di Kilang Bontang sekitar 10-30%. Sisanya mayoritas dimiliki oleh OOG. Alasan OOG menjadi mayoritas di kilang tersebut untuk menghemat belanja modal Pertamina. Dengan begitu, Pertamina bisa melakukan ekspansi bisnisnya dan kilang lainnya seperti di Balikpapan, Cilacap, Balongan dan Tuban.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...