Pertamina Pasang SPLU Pertama untuk Kendaraan Listrik

Anggita Rezki Amelia
10 Desember 2018, 17:51
SPLU Pertamina
Pertamina

PT Pertamina (Persero) meresmikan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) yang berlokasi di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Minyak Umum (SPBU) di Kuningan, Jakarta Selatan. SPLU ini merupakan yang pertama diluncurkan perusahaan pelat merah itu di ruang publik.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan SPLU itu dapat meningkatkan minat untuk menggunakan kendaraan listrik. Alhasil, mobil listrik dapat bersaing dengan mobil konvensional yang berbahan bakar minyak.

Penggunaan mobil listrik ini dalam rangka menjaga lingkungan, karena beremisi rendah. “Mobil listrik bukan hanya masa depan bangsa tetapi masa depan dunia, energi yang lebih ramah lingkungan,” kata Jonan di Jakarta, Senin (10/12).

Jonan meminta agar masa tunggu pengisian SPLU Pertamina bisa lebih singkat. Saat ini untuk mengisi penuh daya kendaraan listrik membutuhkan 20 hingga 30 menit.

Semakin cepat mengisi daya, maka bisa lebih efisien. "SPLU-nya agar dicari yang mengisi kurang dari 10 menit. Jadi orang tidak terlalu lama menunggu,” ujar Jonan.

Jonan juga berharap SPBU milik Pertamina ke depan dapat memanfaatkan energi surya untuk pengaliran listriknya. Bahkan kalau bisa, 6.500 SPBU berlogo Pertamina menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...