Soal Klaim OPM, Wiranto: Saya Tidak Berdiskusi dengan Kriminal

Dimas Jarot Bayu
11 Desember 2018, 14:05
Trans Papua
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Foto udara Jalur Trans Papua di ruas jalan Wamena-Habema, Papua, Selasa (9/5).

Pemerintah tidak akan berdiskusi ataupun menjawab berbagai klaim yang disampaikan oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM) terkait kasus penembakan karyawan PT Istaka Karya di Kabupaten Nduga, Papua. Klaim yang disampaikan OPM dinilai merupakan propaganda yang bertujuan membuat masyarakat resah dan ketakutan.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Wiranto memastikan tak akan menjawab berbagai klaim yang disampaikan oleh OPM karena klaim tersebut tidak benar. Salah satu tudingan OPM adalah soal pekerja Istaka Karya yang disebut-sebut sebagai aparat TNI yang menyamar.

"Saya tidak akan berdiskusi dengan kriminal. Mereka klaim apa saja enggak saya jawab," kata Wiranto di kantornya, Jakarta, Selasa (11/12).

Menurutnya, pemerintah memiliki kewajiban yang lebih penting untuk melindungi masyarakat ketimbang menjawab klaim OPM. Karenanya, dia memastikan akan pemerintah akan mengejar OPM yang melakukan penembakan di Nduga.

"Jelas mereka kriminal, melakukan kejahatan di luar batas kemanusiaan, harus kita lawan," kata Wiranto.

Meski demikian, pengejaran OPM tak mudah karena terkendala oleh kondisi medan yang berat. Atas dasar itu, Brimob Polri dan Kopassus dari luar Papua telah dikerahkan untuk membantu pengejaran OPM.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...