Aura Positif Negosiasi AS-Tiongkok Dorong IHSG ke Zona Hijau

Happy Fajrian
12 Desember 2018, 10:29
Bursa Saham
Arief Kamaludin|Katadata

Negosiasi perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok sedikit menunjukkan titik terang. Sementara itu nilai tukar rupiah pagi ini mengalami apresiasi terhadap dolar AS. Dua sentimen tersebut cukup memberi tenaga kepada pasar modal Indonesia pagi ini. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka di zona hijau dengan kenaikan sebesar 0,35% ke posisi 6.097,73.

Presiden AS Donald Trump menyebutkan negosiasi perdagangan dengan pihak Tiongkok berlangsung dengan produktif. Pihak Tiongkok dikabarkan bersedia menurunkan tarifnya terhadap produk otomotif AS dari sebelumnya 40% menjadi 15%. Dalam cuitannya di media sosial Twitter, Trump menegaskan, "nantikan beberapa pengumuman penting."

Advertisement

Dilansir dari The Wall Street Journal, negosiasi AS-Tiongkok terus berlangsung melalui sambungan telepon antara US Treasury Secretary Steven Mnuchin, US Trade Representative Robert Lighthizer dan Vice Premier Tiongkok Liu He, salah satunya terkait negosiasi pembelian produk pertanian AS oleh Tiongkok.

(Baca juga: Perubahan Global, Bank Dunia Minta Asia Sesuaikan Model Pembangunan)

Sementara itu pengajuan uang jaminan untuk membebaskan CFO Huawei Meng Wanzhou dikabulkan oleh pengadilan Kanada. Kendati demikian Meng tidak sepenuhnya bebas karena ada beberapa batasan seperti jam malam, pemantauan elektronik, serta menjadi tahanan kota di wilayah Vancouver. Namun pembebasan ini menimbulkan ketegangan baru antara AS dan Tiongkok dengan AS ingin mengekstradisi Meng ke AS untuk menghadapi proses hukum setelah melanggar sanksi AS terhadap Iran.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement