Dampak Perang Dagang, Produsen Korea dan Tiongkok Lirik Indonesia

Ameidyo Daud Nasution
13 Desember 2018, 11:51
Pabrik Konveksi Pan Brothers
Katadata

Perang dagang Tiongkok dengan Amerika Serikat memberi dampak cukup besar terhadap kondisi industri dan perdagangan dunia. Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyatakan sejumlah industri di kawasan Asia bahkan telah melirik Indonesia sebagai negara tujuan investasi maupun relokasi pabrik. 

Menurut Airlangga, sejumlah perusahaan asal Tiongkok dan Korea Selatan yang bergerak di industri garmen, tekstil, hingga sepatu dikabarkan siap masuk dan meningkatkan kapasitasnya  di Indonesia.

Konglomerasi asal Korea Selatan yakni Lotte misalnya, yang menurut Airlangga akan menambah investasinya di Indonesia. Kondisi geopolitik Tiongkok dan Korsel membuat Lotte sejak awal tahun ini  berniat menutup waralaba di Tiongkok dan mengalihkan ekspansi ke negara lain. "Dan salah satu yang mereka pilih adalah Indonesia," kata dia di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (12/12).

(Baca: Berkah Perang Dagang, Perakit iPhone akan Pindahkan Pabrik ke Batam)

Sementara Produsen perakit komponen Apple, Pegatron Corporation beberapa waktu lalu juga telah mengumumkan rencana investasinya di  Batam. Dalam realisasi investasinya nanti, Pegatron akan bekerja sama dengan perusahaan lokal yaitu Sat Nusapersada. Perusahaan memperkirakan Indonesia memiliki potensi pertumbuhan pesat dalam empat atau lima tahun mendatang. 

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...