Denmark Akan Bawa Investor ke Indonesia untuk Investasi EBT

Image title
13 Desember 2018, 19:50
PLTS Karimun Jawa
Azaria Laras | KATADATA
ilustrasi.

Dewan Energi Nasional (DEN) menyatakan Denmark akan membawa investor untuk berinvestasi ke sektor energi baru terbarukan (EBT) di Indonesia, khususnya Nusa Tenggara Barat (NTB). Alasannya, Lombok, salah satu wilayah di sana, memiliki potensi kuat untuk pengembangan pembangkit listrik berbasis EBT.

Sekertaris Jenderal DEN Saleh Abdurrahman mengatakan pihaknya telah bekerja sama dengan pemerintah Denmark untuk melakukan konservasi potensi EBT di NTB. "Tahun depan dia akan bawa investor," kata dia, di Jakarta, Kamis (13/12).

Saleh mengatakan Denmark merupakan negara yang sudah terkenal dengan proyek EBT. Saat ini, penggunaan EBT di Denmark sudah mencapai 50% dari total energi yang digunakan. Targetnya, tahun 2030 bisa mencapai 100%.

Dengan alasan itu, Denmark bisa menjadi pedoman bagi Indonesia mengejar target bauran energi terbarukan sebesar 23% pada tahun 2025. "Kami bisa belajar dari mereka," kata Saleh.

Nantinya, DEN juga akan mengundang pemerintah terkait, seperti Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) dan Kementerian Keuangan untuk mendorong proyek EBT. Saleh menjelaskan Bappenas bisa mendukung dari segi pembiayaan campuran (blended finance).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...