Ditopang Bisnis Peternakan, Pendapatan Berdikari Tumbuh 10 Kali Lipat

Michael Reily
13 Desember 2018, 13:15
Peternakan Ayam
Antara
Permintaan daging ayam terus meningkat

Perusahaan BUMN sektor pangan dan peternakan, PT Berdikari  (Persero) mencetak penjualan Rp 1,35 triliun atau tumbuh sekutar 10 kali lipat dibanding realisasi penjualan tahun lalu sebesar Rp 113,6 miliar. Sementara berdasarkan RKAP 2018, penjualan tersebut tumbuh sekitar 255% dari yang ditargetkan sebesar 382 miliar

Realisasi pertumbuhan itu, salah satunya ditopang oleh peningkatan bisnis perusahaan dengan fokus bisnis utama perusahaan di sektor usaha peternakan.

(Baca: Industri Pakan Ternak Didorong untuk Ekspansi ke Luar Jawa)

Direktur Utama Berdikari Eko Taufik Wibowo menyatakan perusahaan hingga saat ini masih fokus bisnis ayam dan sapi melalui pengembangan integrasi. “Proses perubahaan di Berdikari dilakukan secara total dengan fokus awal pada sisi pembenahan struktur finansial dan organisasi serta sumber daya manusia,” kata Eko dalam keterangan resmi, Kamis (13/12).

Dia menjelaskan, perseroan mulai masuk dalam bisnis peternakan dari hulu ke hilir dengan rantai GPS (Grand Parent Stock). GPS merupakan rantai strategis dan menjadi critical point sebagai jaminan kapasitas pasok untuk rantai bisnis turunan berupa PS (Parent Stock), komersial (Final Stock) maupun pabrik pakan.

Sepanjang 2018, perusahaan sudah merealisasikan impor GPS broiler sebanyak 53.150 ekor  yang tersebar di dua peternakan, yaitu di Tasikmalaya dan Pasuruan. Ayam pedaging impor pun mulai menghasilkan DOC (Day Old Chick) PS (Parent Stock) dengan rata-rata produksi 100.000 ekor per bulan yang didistribusikan kepada peternak pembibitan rakyat yang di Pulau Jawa.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...