Kejar Pemilih Milenial, Prabowo-Sandi Dominasi Kampanye di Instagram

Dimas Jarot Bayu
13 Desember 2018, 10:29
Ilustrasi Instagram
Katadata
Instagram

Pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno paling mendominasi penggunaan Instagram untuk kampanye di media sosial. Adapun pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin lebih banyak menggunakan Facebook dalam kampanye di media sosial.

Berdasarkan pemantauan yang dilakukan SatuDunia sejak 23 September hingga 11 Desember 2018, Prabowo-Sandiaga mengunggah konten di Instagram sebanyak 314 kali.

Platform Twitter menempati posisi kedua paling sering digunakan Prabowo-Sandiaga dengan 158 konten. Konten kampanye di Facebook yang diunggah Prabowo-Sandiaga sebanyak 87. Namun, Prabowo-Sandiaga hanya mengunggah dua konten di Youtube.

"Pasangan Prabowo-Sandiaga paling sering mengunggah konten kampanye di Instagram," kata Program Manager SatuDunia Anwari Natari di Kantor Komisi Pemilihan Umum, Jakarta, Rabu (12/12).

Sementara itu, pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin mendominasi unggahan konten kampanye di Facebook. Pasangan petahana tercatat mengunggah konten di Facebook sebanyak 141 kali.

Instagram menempati posisi kedua dengan 91 unggahan konten kampanye Jokowi-Ma'ruf. Sementara di Twitter, Jokowi-Ma'ruf tercatat mengunggah 56 konten kampanye.

Anwari mengatakan, Instagram lebih dominan digunakan Prabowo-Sandiaga daripada Jokowi-Ma'ruf lantaran ingin menarik suara generasi milenial. Sebab, Instagram memiliki fitur visual yang lebih disukai generasi tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...