Aramco Tetap Minat, Perusahaan Patungan Kilang Cilacap Terbentuk 2019

Anggita Rezki Amelia
17 Desember 2018, 17:47
kilang cilacap
Katadata

PT Pertamina (Persero) menyatakan pembangunan Kilang Cilacap di Jawa Tengah akan memasuki babak baru. Ini karena perusahaan akan segera membentuk perusahaan patungan dengan mitranya Saudi Aramco dalam mengembangkan proyek anyar itu.

Corporate Secretary Pertamina Syahrial Mukhtar mengatakan saat ini pihaknya dan Saudi masih memfinalisasi hitung-hitungan nilai aset Kilang Cilacap. Aset tersebut akan dimasukkan ke dalam perusahaan patungan.

Dalam perhitungan itu memang ada perbedaan metode. Akan tetapi, menurut Syahrial, perbedaan nilai aset dari hasil hitungan Pertamina dan Saudi merupakan hal yang normal terjadi dalam bisnis.

Pertamina dan Saudi pun segera menyepakati nilai asetnya. Setelah itu perseroan akan membentuk perusahaan patungan.

Meski belum sepakat nilai valuasi aset saat ini, namun Syahrial memastikan Saudi tetap berkomitmen menjadi mitra Pertamina untuk membangun Kilang Cilacap. "Semua masih konsisten. Tahun depan pun harus bisa kita mulai (bentuk perusahaan patungan)," kata dia di Jakarta, Senin (17/12).

Adapun hak kelola Saudi Aramco dan Pertamina di proyek anyar itu tidak berubah. Perinciannya, Pertamina mengempit 55% hak kelola, dan sisanya 45% oleh Saudi Aramco.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...