Kekhawatiran Perekonomi Global Memuncak, IHSG Terkoreksi Pagi Ini

Happy Fajrian
17 Desember 2018, 10:38
Bursa saham
Katadata | Arief Kamaludin

Tekanan terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berlanjut hingga awal perdagangan hari ini, Senin (17/12). IHSG dibuka mengalami koreksi 0,10% ke posisi 6.163,63, dan hingga berita ini dibuat, IHSG terus tertekan hingga posisi terendahnya di 6.134,74.

Tekanan terhadap IHSG hari ini berasal dari perkembangan bursa utama Amerika Serikat (AS) yang mengalami koreksi cukup dalam pada penutupan perdagangan Jumat (14/12) kemarin. Nasdaq turun paling dalam 2,26%, diikuti Dow Jones dengan koreksi 2,02%, dan S&P 500 terkoreksi 1,91%.

Kejatuhan bursa AS didorong kekhawatiran investor terkait pertumbuhan ekonomi global. Terlebih lagi dengan perkembangan data ekonomi terkini Tiongkok yang menunjukkan perlambatan ekonomi, serta kondisi di Eropa yang menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonominya untuk 2018 dan 2019.

(Baca: Diwarnai Sentimen Global, IHSG Naik Signifikan Sepekan Terakhir)

Perekonomian AS sendiri masih diliputi kekhawatiran resesi. Walaupun perkembangan data ekonomi AS tidak mengecewakan. Penjualan ritel meningkat 0,2% bulan lalu, sementara itu produksi AS naik 0,6%. Hanya data tenaga kerja yang di bawah ekspektasi pasar sehingga tingkat pengangguran tidak mengalami penurunan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...