AirAsia Lirik Peluang Kerja Sama Operasional dengan Garuda Indonesia

Image title
21 Desember 2018, 20:41
AirAsia
Youtube
AirAsia Indonesia merupakan slah satu maskapai penerbangan berbiaya murah dengan pangsa pasar cukup besar pada rute Internasional.

Setelah melakukan Kerja Sama Operasi (KSO) dengan Sriwijaya Group, maskapai penerbangan plat merah Garuda Indonesia kembali dilirik oleh perusahaan maskapai penerbangan. AirAsia Indonesia mengatakan tengah menjajaki peluang kerja sama, sejalan dengan keunggulan yang dimiliki masing-masing maskapai. 

Direktur Utama AirAsia Indonesia Dendy Kurniawan mengatakan, pihaknya membuka peluang kerja sama dengan Garuda Indonesia karena perusahan pelat merah itu dinilai memiliki keunggulan di pasar domestik. Sementara, AirAsia merupakan maskapai penyumbang jumlah penumpang internasional terbesar di Indonesia.

Namun menurutnya, pembicaraan yang berlangsung masih dalam tahap awal sehingga  belum ada keputusan final terkait keputusan kerja sama itu. "Kami terbuka dengan berbagai bentuk kerja sama yang dapat mendukung perkembangan industri ini," kata Dendy dalam keterangan tertulisnya, Jumat (21/12).

(Baca: Garuda Akan Konversi Utang Sriwijaya Air Menjadi Saham)

Di konfirmasi secara terpisah,  Direktur Utama Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra  pun tak menampik perihal penjajakan kerja sama itu. Senada dengan Dendy,  dia menyatakan penjajakan tersebut baru sampai tahap pembicaraan.

"Ya mereka minta KSO dengan kita, tapi kita belum bicarakan detailnya," kata Ari di Jakarta.

Ari mengatakan, perusahaan  belum mengkaji lebih jauh penawaran kerja sama tersebut.  Namun dia mengakui, AirAsia saat ini masih memiliki pangsa pasar yang cukup besar pada rute internasional. Dengan potensi yang besar ini,  Garuda juga membuka kemungkinan menyinergikan kerja sama tersebut dengan anak usahanya, PT Citilink Indonesia.  

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...