Investor Milenial Semakin Mendominasi Pasar Modal

Image title
27 Desember 2018, 19:32
Model Popular di BEI
Arief Kamaludin|KATADATA
Para finalis model Popular menjajal transaksi saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (3/11).

Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) mencatatkan, generasi milenial berusia 21-30 tahun mendominasi investor ritel di pasar modal Indonesia. Persentase investor muda pada penghujung tahun 2018 ini mencapai 39,72% dari total investor pasar modal yang berjumlah 1,6 juta investor, atau sekitar 635.ooo investor.

Sementara itu, investor yang berusia 31-40 tahun mencapai 25,34% dari total investor, investor berusia 41-50 tahun mencapai 18,69%, investor berusia 51-60 tahun 10,69%, dan investor berusia di atas 60 tahun 5,56%. Investor tersebut terdiri dari investor saham, surat utang, reksa dana, surat berharga (SBSN), serta efek lainnya yang tercatat di KSEI.

Advertisement

Jumlah tersebut mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan kondisi pada 2017. Tahun lalu persentase investor milenial mencapai 26,2% dari total investor pasar modal yang berjumlah 1,1 juta investor. Sehingga, jumlah investor milenial tahun lalu hanya sekitar 288.000 investor.

(Baca: Kerja Sama Dukcapil, KSEI Perkirakan Investor Tumbuh 40% Tahun Depan)

Direktur Utama KSEI Friderica Widyasari menyambut gembira peningkatan jumlah investor milenial di pasar modal. Menurut Kiki, panggilan akrab Friderica, peningkatan tersebut salah satunya didorong oleh perkembangan teknologi pasar modal yang semakin mempermudah investor untuk melakukan investasi.

"Perkembangan teknologi di pasar modal yang kian maju sehingga memudahkan anak muda generasi milenial melakukan investasi. Kalau dulu, orang harus telepon brokernya. Sekarang, pakai telepon genggam sudah bisa jual-beli saham" ujarnya di Jakarta, Kamis (27/12)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement