Tahun Depan, Kilang Dumai dan Balongan Olah Minyak Sawit Jadi BBM

Anggita Rezki Amelia
27 Desember 2018, 15:01
Kilang Balongan
Katadata

PT Pertamina (Persero) akan menguji coba pengolahan minyak sawit menjadi Bahan Bakar Minyak (BBM) ramah lingkungan. Setelah berhasil di kilang Plaju, Sumatera Selatan, Pertamina akan mengolah minyak sawit di Kilang Dumai di Riau dan Kilang Balongan di Jawa Barat tahun depan.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana mengatakan dalam uji coba tersebut Pertamina akan menggandeng Institut Teknologi Bandung (ITB). Dalam hal ini, ITB akan menyediakan teknologi katalis.

Advertisement

Katalis merupakan suatu zat yang dapat mempercepat dan mengarahkan reaksi kimia supaya menghasilkan produk yang diinginkan. Sehingga minyak sawit bisa menjadi BBM ramah lingkungan. "Kan gasoline sudah berhasil di Plaju," kata Rida kepada Katadata.co.id, usai rapat dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan di kantornya, Kamis (27/12).

Rida mengatakan penerapan pengolahan minyak sawit di kilang tersebut berlangsung bertahap. Kilang Dumai akan mulai uji coba pengolahan minyak sawit pada Februari 2019. Targetnya akan menghasilkan Solar ramah lingkungan (green gasoline). Sedangkan, di Kilang Balongan dilakukan April 2018 dengan harapan bisa menghasilkan bahan bakar avtur yang ramah lingkungan.

Di tempat yang sama, Direktur Eksekutif Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI) Sahat M. Sinaga yang juga ikut dalam rapat tersebut mengatakan pengolahan minyak sawit pada kilang Dumai nantinya akan diterapkan 100%. Jadi, akan murni mengolah sawit untuk kemudian menghasilkan solar yang ramah lingkungan.

Hal ini berbeda dengan biodiesel yang masih menggunakan campuran minyak fosil. "Ini full 100% crude palm oil, bisa langsung jadi diesel," kata Sahat, Kamis (27/12).

Akan tetapi, sebagai tahap awal, minyak sawit itu akan diolah dengan minyak mentah di Kilang Balongan untuk menghasilkan Avtur ramah lingkungan. Komposisinya, minyak sawit 25%.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement