Turun 33,3%, Bulog Targetkan Serapan Beras Tahun Depan 1,8 Juta Ton

Image title
Oleh Ekarina
28 Desember 2018, 19:43
Ilustrasi Beras Bulog
ARIEF KAMALUDIN | KATADATA

Perum Bulog menargetkan penyerapan beras pada tahun depan sebanyak 1,8 juta ton dengan stok cadangan beras pemerintah di gudang Bulog hingga akhir tahun ini sebesar 2,2 juta ton. Target penyerapan beras pada tahun depan tercatat lebih rendah 33,3% dari target tahun ini sebesar 2,7 juta ton.

"Untuk 2019, target sebanyak 1,8 juta ton, tapi jika memang ternyata banyak pengeluaran, Bulog akan serap kembali untuk menutup pengeluaran beras tadi," kata Kepala Divisi Pengadaan Perum Bulog Taufan Akib di Kantor Pusat Kementerian Pertanian Jakarta, Jumat (28/12).

Advertisement

(Baca: Harga Beras Naik, Jokowi Instruksikan Bulog Gelar Operasi Pasar)

Terkait target penyerapan yang lebih rendah, Taufan menjelaskan hal itu dikarenakan stok awal 2019 yang berasal dari gudang Bulog  saat ini  lebih besar dengan total volume sekitar 2,2 juta ton. Sedangkan pada periode sama tahun sebelumnya, stok awal hanya berkisar 170 ribu ton.

Adapun rata-rata penyerapan beras Bulog  saat ini tercatat sekitar 400 ton per hari. Serapan besar tersebut antara lain berasal dari sejumlah sentra beras di Jawa maupun Papua. Secara rinci,  dia juga menjelakan pengadaan beras dalam negeri saat ini masih berkisar 1,48 juta ton, namun jumlahnya bisa bertambah  mencapai 1,5 juta ton pada akhir tahun.

(Baca: Dua Penyebab Operasi Pasar Beras oleh Bulog Tak Capai Target)

Dengan demikian secara total,  pengadaan beras Bulog tahun ini sebesar 3,28 juta ton dengan rincian pengadaan dalam negeri sebesar 1,5 juta ton dan pengadaan luar negeri (impor) 1,78 juta ton.

Sepanjang 2018, Bulog telah menyalurkan beras program Bansos Rastra sebesar 1.208.026 ton dari pagu yang dialokasikan sebesar 1.217.205 ton.

Selain itu, Bulog juga telah menyalurkan 528.996 ton cadangan beras pemerintah (CBP) melalui Operasi Pasar dan sebanyak 6.744 ton CBP untuk bantuan bencana alam.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement