Dana Kampanye Pilpres Rp 54 Miliar, Sandiaga Sumbang Paling Banyak

Muchamad Nafi
31 Desember 2018, 18:36
Pendaftaran Capres Cawapres Pilpres 2019
ARIEF KAMALUDIN | KATADATA
Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno (kanan), saat pendaftaran Capres, Jakarta, Jumat (10/08)

Kampanye pemilihan presiden (pilpres) 2019 telah berlangsun tiga bulan. Tak sedikit biaya yang dikeluarkan para kontestan untuk menggenjot elektabilitas mereka melalui serangkaian kegiatan, seperti road show ke sejumlah daerah. Dalam laporan bulan terakhir, kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengumpulkan dana kampanye Rp 54 miliar, hampir semua dari kantong sendiri.

Bendahara Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga, Thomas Djiwandono, mengatakan, walau sebagian besar dana kampanye dari pasangan calon nomor urut 02 ini, ada pula sumbangan dari masyarakat. “Break down-nya adalah Pak Sandi Uno Rp 39,5 miliar atau sekitar 70 persen,” kata Thomas di Media Center Prabowo-Sandi, Jakarta Selatan, Senin, (31/12).

(Baca: Dua Bulan Kampanye, Sandiaga Sudah Jual Saham Saratoga Rp500 Miliar)

Sedangkan sumbangan dari Prabowo Rp 13,054 miliar atau sekitar 24,2 persen. Sementara dari Partai Gerindra Rp 1,39 miliar dan dari perorangan serta kelompok sekitar 0,1 persen. Biasanya, dana perseorangan atau kelompok diperoleh Sandiaga atau Prabowo ketika ke daerah dengan total sekitar Rp100 juta.

Thomas mengimbau masyarakat yang akan menyumbang untuk memberi identitas kepada timnya untuk ditindaklanjuti. Hal itu mengikuti peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Kalau tidak, dana tersebut oleh tim harus dikembalikan ke kas negara.

Saat ini yang belum teridentifikasi dana sumbangannya Rp 31 juta. Sedangkan pengeluaran untuk dana kampanye sebesar Rp 46,6 miliar dan dana untuk kegiatan lain sebesar Rp 23,2 miliar.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...